Pengeroyok Anggota Polairud di Tanjung Priok Ditangkap

KBRN, Jakarta: Aparat Kepolisian Polres Metro Jakarta Utara telah menangkap 14 orang terduga pelaku yang mengeroyok anggota Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, Bripda Rio Novemberyanto Rajagukguk, hingga mengalami luka berat. di Jalan Ende, Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Wibowo mengatakan, pihaknya menangkap ke 14 terduga pelaku tersebut setelah mendapatkan video viral aksi pengeroyokan di kawasan Tanjung Priok. 

"Satreskrim Polres Metro Jakarta Utara yang didukung dan bekerjasama dengan Subdit Jatanras Polda Metro Jaya melakukan penyelidikan, menganalisa barang bukti, dan alhamdulillah kita telah mengamankan 14 orang pelaku," kata Wibowo di Mapolres Metro Jakarta Utara, Jumat (14/1/2022).

Wibowo menjelaskan, dari 14 yang ditangkap, enam di antaranya merupakan pelaku utama pengeroyokan. Mereka ditangkap ketika bersembunyi di daerah Subang, Jawa Barat.

Keenamnya ialah berinisial WSK, DA, RAP, YA, MAD, dan HMF.

"Dari enam pelaku utama ini dua di antaranya, yaitu MAD dan HMF, masih di bawah umur dan kita lakukan penahanan," ucap Wibowo.

Sementara itu, delapan lainnya dinyatakan membantu keenam pelaku utama melarikan diri. Delapan orang ini masing-masing ialah SP, KG, KJ, ARS, AS, PY, AH, dan RP.

Kepada keenam pelaku utama, polisi menjerat mereka dengan pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan serta pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

Pasal pencurian diterapkan karena para pelaku ternyata juga menggasak ponsel milik Bripda Rio setelah mereka melakukan pengeroyokan.

"Sementara terhadap delapan orang lainnya kami kenakan pasal 221 KUHP karena menyembunyikan pelaku. Mereka tidak ditahan," ungkap Wibowo.

Adapun kasus ini masih terus diproses pihak kepolisian. Sebab, masih ada 14 orang lainnya yang juga ikut mengeroyok korban dan sampai saat ini masih buron.

Sebelumnya, video viral di media sosial merekam pengeroyokan yang menimpa seorang anggota Polri.

Berdasarkan keterangan unggahan video akun Instagram @cetul222, korban pengeroyokan ialah Bripda Rio Novemberyanto Rajagukguk, anggota Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri.

Pengeroyokan terhadap Bripda Rio disebutkan terjadi ketika dirinya sedang makan di Jalan Ende, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Yang bersangkutan dikeroyok setelah berupaya melerai keributan antar warga.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar