FOKUS: #PPKM

Petugas Gabungan Tertibkan Atribut Sejumlah Ormas Jaksel

Kapolres Metro Jaksel, Kombes Pol Azis Andriansyah, saat merilis diamankannya sejumlah sajam di Mapolres Metro Jaksel, Senin (6/12/2021). (Deni Muhtarudin/RRI)

KBRN, Jakarta: Petugas gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP menggelar Operasi Cipta Kondisi dengan menertibkan atribut atau simbol dari sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas), khususnya di wilayah Jakarta Selatan (Jaksel).

Kapolres Metro Jaksel, Kombes Pol Azis Andriansyah mengungkapkan, bahwa Operasi Cipta Kondisi tersebut dilakukan sebagai langkah preventif timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Jadi, terhadap potensi gangguan kamtibmas tersebut kita melakukan kegiatan pencegahan dengan penertiban terhadap simbol-simbol dari kelompok maupun organisasi masyarakat,” ungkapnya kepada RRI.co.id dan wartawan lainnya, saat konferensi pers di Mapolres Metro Jaksel, Senin (6/12/2021).

Azis menjelaskan, bahwa terkadang konflik atau sengketa yang terjadi antar ormas tersebut dipicu hal yang sepele namun bisa menimbulkan keributan yang meluas hingga menyebabkan kematian seperti yang terjadi di wilayah Jakarta Barat dan Tangerang.

“Karena simbol-simbol inilah kadang-kadang bisa menimbulkan konflik, misalnya pencabutan bendera, perobekan bendera, perusakan pos, gardu, itu bisa menimbulkan perkelahian yang meluas. Jadi kita melakukan penertiban terhadap simbol-simbol,” ujarnya.

Oleh karena itu, Azis mengatakan, Operasi Cipta Kondisi tersebut dilakukan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Dalam hal penertiban atribut ormas tersebut, Azis mengatakan, bahwa pihaknya dan TNI hanya melaksanakan tugas membantu rekan-rekan dari Satpol PP.

Sebab sejatinya, tugas penertiban simbol atau atribut tersebut merupakan kewenangan dari Satpol PP.

Namun karena atribut dan simbol tersebut dapat memicu gangguan kamtibmas, pihak Polri dan TNI pun berkewajiban membantu Satpol PP.

“Polri dan TNI senantiasa mem-back up, karena apa intinya, memberikan rasa aman warga Jaksel beraktivitas dengan baik. Dari hasil operasi cipta kondisi selama satu minggu kita telah mengamankan hampir 2.000 bendera simbol atau atribut dari beberapa kelompok ormas,” katanya.

Selain menertibkan atribut atau simbol ormas, Azis menambahkan, bahwa pihaknya juga mengamankan sejumlah senjata tajam dari anak-anak muda yang berkeliaran di jalan pada malam hari.

Selain Kapolres, dalam konferensi pers tersebut hadir juga Komandan Kodim 0504/JS Kolonel Inf Jamaludin dan Kasatpol PP Jaksel, Ujang Harmawan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar