Kasus Pelecehan Seksual-Persekusi, Polisi Tetapkan Tujuh Tersangka

KBRN, Malang: Polresta Malang Kota, akhirnya menetapkan 7 tersangka dalam kasus dugaan pelecehan seksual dan persekusi yang menimpa salah seorang siswa SD di Kota Malang.

Penetapan itu dilakukan, setelah polisi melakukan gelar perkara, Selasa (23/11/2021) kemarin.

“Dari hasil gelar perkara yang langsung dipimpin oleh Kapolresta Malang Kota pada 23 November 2021, dari 10 yang sudah kita amankan, 7 orang anak yang sudah kita tetapkan sebagai tersangka,” kata Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, Kompol Tinton Yudha Riambodo, Rabu (24/11/2021).

Menurutnya, penetapan tersangka berdasarkan peranan masing-masing pelaku yang disesuaikan dengan hasil visum korban dan bukti-bukti yang telah diamankan polisi.

“Peran masing-masing terkait persetubuhan dengan hasil visum dan keterangan saksi. Untuk persekusi kita sudah pilah peranan per peranan, bagian memukul menendang, menyuruh dan merekam video,” ungkapnya.

Dari 7 orang tersebut, enam orang diantaranya dilakukan penahanan di sel tahanan anak Polresta Malang Kota. Satu anak tidak ditahan karena masih berumur di bawah 14 tahun.

“Sesuai dengan UU sistem peradilan anak pasal 32 menyatakan bahwa anak di bawah 14 tahun tidak ditahan. Sementara 3 saksi lainnya kita kembalikan ke orang tuanya, untuk dijadikan sebagai saksi dalam perkara tersebut. Hasil gelar perkara kami, bahwa 3 orang itu tidak ada peranan hanya menonton kejadian itu, sehingga belum memenuhi unsur 170 KUHP,” ujar Tinton. 

Ia menambahkan, tersangka yang semuanya anak di bawah umur dilakukan penahanan selama 15 hari. Dalam kasus ini, polisi mengamankan barang bukti yang disita adalah pakaian pelaku, pakaian korban, dan HP.

“Kita upayakan untuk segera mempercepat penanganan ini untuk kepastian hukum,” tandasnya.

Terkait kondisi psikologis korban, Tinton mengungkapkan jika saat ini sudh mulai membaik.

“Kondisi korban sudah mulai membaik karena tim trauma healing sudah mendampingi,” pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00