Polisi Tangkap Pelaku Penggelapan Cumi 46 Ton

KBRN, Jakarta: Unit Reskrim Polsek Kawasan Sunda Kelapa telah mengamankan seorang pria berinisial HR (30) yang melakukan penggelapan cumi dan ikan Dori sebanyak 46 ton.

Pelaku yang ditangkap merupakan seorang supervisor gudang perusahaan tersebut. 

"Pelaku ditangkap saat sedang bekerja, setelah sebelumnya pihak Polsek Sunda Kelapa melakukan penyelidikan atas kasus tersebut," ujar Wakapolres Pelabuhan Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kompol Yunita Natalia Rungkat di Mapolres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (25/10/2021).

Yunita mengatakan, kasus pencurian ini diketahui, setelah pihak perusahaan melakukan audit terhadap stok barang pada tanggal 7 dan 8 September 2021. 

"Dari hasil audit tersebut, diketahui ada selisih jumlah barang di dalam gudang tersebut sebanyak 46 Ton atau senilai Rp3,6 milliar," ucap Yunita. 

Selanjutnya unit reskrim Polsek Sunda Kelapa yang mendapat laporan tersebut melakukan penyelidikan dan penyidikan, dengan meminta keterangan sejumlah saksi dan memerika rekaman CCTV.

Dari hasil penyidikan tersebut diketahui pelaku HR lah yang telah mengambil dan mengeluarkan karton yang berisi cumi dan ikan dori dalam gudang, dengan cara masuk ke dalam cold storage (tempat pembekuan ikan).

"Kemudian barang dikemas dengan menggunakan dus bekas, dan selanjutnya barang dikeluarkan melalui pintu karyawan dengan cara dipanggul dengan dilengkapi surat jalan yang dibuat dan ditanda tangani sendiri oleh pelaku sebagai bukti pengeluaran barang tersebut," jelas Yunita.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 374 dan 362 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama 5 tahun.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00