Penetapan Tersangka Kebakaran Lapas Tangerang Segera Dilakukan

KBRN, Tangerang: Polisi bakal menetapkan tersangka dugaan pidana kebakaran Lapas Kelas I A Tangerang yang menelan korban 121 narapidana pekan depan.

Agenda tersebut sekaligus melakukan gelar perkara atau olah tempat kejadian perkara (TKP) gabungan dari penyidikPolda Metro Jaya dan Polres Metro Tangerang Kota.

"Mudah-mudahan enggak ada kendala gelar perkara yang akan datang bisa minggu depan Senin, (20 September 2021, Red) atau Selasa, (21 September 2021, Red) kami bisa gelar perkara untuk tetapkan tersangka," ungkap Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat, Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya kepada rri.co.id, Jumat (17/9/2021).

Ade menyatakan, penyidik masih mengumpulkan alat bukti. Penyidik bersama tim Laboratorium Forensik (Labfor) kembali ke lokasi kebakaran untuk mencari alat bukti baru.

Selain itu, sambunf Ade, penyidik tengah memeriksa enam saksi dari petugas Lapas. Mereka ialah perwira piket, anggota piket, komandan, anggota pengamanan penjaga pintu utama (P2U), dan petugas dapur.

Ade juga menyebut ada dua objek penyidikan polisi dalam mengumpulkan barang bukti. Pertama, Pasal 188 dan 187 KUHP tentang kealpaan dan kesengajaan yang mengakibatkan kebakaran. Beleid itu mengarah pada proses timbulnya api.

"Kenapa? karena nanti akan ditentukan unsur kesengajaan," tandasnya.

Kedua, Pasal 359 KUHP tentang kelalaian yang mengakibatkan orang meninggal dunia. Polisi telah mengantongi kelalaian. Namun, pihak yang bertanggung jawab dalam kelalaian itu masih dicari.

"Mudah-mudahan awal minggu depan akan rilis semua hasilnya," sambung Ade.

Diketahui, Lapas Kelas I A Tangerangterbakar pada Rabu pekan lalu dengan menelan korban 121 orang baik meninggal dunia maupun luka-luka.

Insiden tersebut, penyebabnya saat ini masih dalam penyidikan polisi dan dugaan sementara akibat konsleting listrik serta adanya unsur pidana.Pasal 187 dan 188 KUHP juncto 359 KUHP pun disiapkan oleh Korp Bhayangkara untuk menjerat para tersangkanya nanti.

Untuk total korban meninggal dalam tragedi kebakaran Lapas Kelas I A Tangerang sendiri, berjumlah 49 orang, rinciannya 41 tewas saat kebakaran, delapan meninggal dalam perawatan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00