FOKUS: #PPKM MIKRO

Ratusan Tentara Amerika Tiba di Palembang

Tentara Amerika (US Army) berjalan menuju bus setibanya di Bandara International Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (24/7/2021). Sebanyak 330 orang Tentara Amerika (US Army) tiba di Palembang dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kedatangan tersebut merupakan gelombang pertama pasukan yang akan mengikuti Latihan Bersama Garuda Shield ke 15/2021 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD di Baturaja, OKU, Sumatera Selatan, 1 -14 Agustus 2021. ANTARA FOTO/Nova Wahyud

KBRN, Jakarta: Sebanyak 330 Tentara Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (US Army) telah tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (24/7/2021).

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen TNI Tatang Subarna mengungkapkan, bahwa kedatangan 330 Tentara Amerika gelombang pertama itu untuk mengikuti latihan terbesar dalam sejarah kerja sama antara TNI AD dengan AD Amerika Serikat, yaitu Latihan Bersama Garuda Shield ke-15/2021.

“Tujuan dari latihan bersama ini adalah untuk meningkatkan kerja sama dan kemampuan prajurit TNI AD dengan AD Amerika Serikat dalam pelaksanaan tugas operasi,” ungkapnya di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, seperti dikutip RRI.co.id, Sabtu (24/7/2021).

Selanjutnya, Tatang mengatakan, latihan bersama itu akan digelar dari 1 Agustus 2021 sampai dengan 14 Agustus 2021 mendatang.

Tentara Amerika Serikat tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (24/7/2021). (Dok. Dispenad)

“Digelar di tiga daerah latihan tempur, Baturaja, Amborawang dan Makalisung,” katanya.

Dalam pelaksanaannya, Tatang menjelaskan, latihan itu akan melibatkan penyelenggara dan pelaku sebanyak 2.246 personel TNI AD dan 2.282 personel AD Amerika Serikat dengan materi latihan Staff Exercise, Field Training Exercise, Live Fire Exercise, Medical Exercise dan Aviation.

“Untuk Bandara di Palembang ini, kedatangan US Army akan beturut-turut sampai dengan tanggal 26 nanti, menggunakan lima pesawat. Sedangkan di Amborawang dan Makalisung, hanya pada tanggal 25 besok, masing-masing menggunakan satu pesawat,” ujarnya.

Untuk diketahui, protokol kesehatan (prokes) COVID-19 pun diterapkan secara ketat kepada 330 Tentara Amerika Serikat tersebut.

Selain prokes yang ketat dari Satgas COVID-19, ketentuan-ketentuan yang berlaku juga diterapkan kepada para Tentara Amerika tersebut, seperti pemeriksaan dari pihak Bea Cukai dan Imigrasi untuk mewujudkan pelaksanaan latihan aman dan tertib. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00