Hasil DNA Abrip Asep Keluar, Ini Hasilnya

Foto: Hasil tes DNA pria pasien rumah sakit jiwa di Aceh telah keluar. (Istimewa)

KBRN, Jakarta: Hasil tes DNA pria pasien rumah sakit jiwa di Aceh telah keluar. Hasilnya, pria tersebut bukan Ajun Brigadir (Abrip) Asep, polisi yang hilang saat Tsunami Aceh tahun 2004. 

Kepala Sub Bidang Kedokteran Polisi (Kasubiddokpol) Biddokes Polda Lampung, AKBP Legowo Hamijaya mengatakan, tiga orang dari keluarga Asep diambil sampelnya untuk dijadikan pembanding kecocokan DNA dari garis keturunan. 

Ketiga orang itu adalah Syaiful (adik kandung Asep), Mahyudin (kakak kandung Asep), dan Wahab (paman Asep). 

"Dari pemeriksaan pada garis keturunan ayah dan ibu, tidak ada kecocokan. Jadi, berdasarkan uji DNA, pria itu bukan terduga Asep," kata Legowo saat menyerahkan hasil tes DNA, Selasa (15/6/2021).

Untuk diketahui, sempat viral di sosial media bahwa telah ditemukan seorang diduga personel Polisi bernama Asep di RSJ Aceh yang sudah berganti nama menjadi Zainal Abidin. 

Dulunya Abrip Asep bertugas sebagai pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) Brimob Resimen II Kedung Halang Bogor ke Polda Aceh dan bertugas di Pos Komando Strategis (Poskotis) Brimob Peukan Banda Aceh saat daerah ini didera konflik antara RI dengan Gerakan Aceh Merdeka. 

Saat itu Asep masih sebagai Bhayangkara Muda dan menyemat pangkat sebagai Ajun Brigadir Polisi (Abrip). 

Tsunami Aceh 2004 silam telah menyapu bersih pos tempat Asep bertugas bersama seluruh bangunan dan menelan korban hingga puluhan ribu jiwa. 

Saat itulah Asep dinyatakan hilang dan sekarang ia ditemukan kembali di rumah sakit jiwa (RSJ) Banda Aceh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00