Arus Balik, TNI AU Kirim Tenaga Medis

KBRN, Cikarang: Antisipasi penyebaran Covid-19 pada arus balik lebaran tahun ini, TNI Angkatan Udara (AU) mengirimkan satu tim kesehatan dari kesatuan Batalyon Kesehatan (Yonkes) Denma Mabesau. Tim ini bertugas melaksanakan pemeriksaan Swab Antigen kepada setiap pemudik.

Komandan Batalyon Kesehatan (Danyonkes) Denma Mabesau, Letkol Kes dr. Yanuar Tirtajaya Sastranegara Sp.OT mengatakan, saat ini satu tim kesehatan TNI AU yang dipimpin oleh Letda Kes Yusuf Denirvan, S. Kep., NS. Melaksanakan pemeriksaan Covid-19 terhadap setiap pemudik yang akan memasuki wilayah DKI Jakarta melalui pintu tol Cikarang.

“12 personel tenaga kesehatan kita tempatkan di Kilometer 34, Cibatu, Cikarang, mereka melakukan pemeriksaan Swab Antigen secara drive thru kepada setiap arus balik yang melewati daerah tersebut,” ujar Yanuar, Senin (17/5/2021).

Dalam pelaksanaan pemeriksaan Swab Antigen ini, tim kesehatan TNI AU yang tergabung dalam Pos Terpadu Arus Balik, bersama dengan sejumlah instansi terkait lainnya tersebut melaksanakan pemeriksaan Covid-19 selama 24 jam setiap harinya. Apabila ditemukan pemudik yang positif Covid-19, maka akan dirujuk ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet.

“Bersama dengan sejumlah tenaga kesehatan instansi terkait lainnya, kita melaksanakan pemeriksaan 24 jam setiap hari yang terbagi dalam 3 shift, apabila ada yang positif maka kita rujuk ke Wisma Atlit untuk penanganan selanjutnya,” pungkas Yanuar. (Buy)

Foto: Istimewa

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00