Palsukan Uang, IRT di Banyuwangi Kembali Ditangkap

Konferensi pers kasus ung palsu di Mapolresta Banyuwangi, Kamis (6/5/2021).

KBRN, Banyuwangi: Menjelang lebaran, Satreskrim Polresta Banyuwangi berhasil mengungkap peredaran uang palsu di Banyuwangi dengan menangkap MW (51) seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) warga desa Blambangan kecamatan Muncar diduga sebagai pembuat sekaligus pengedar uang palsu, berbagai pecahan.

"Tersangka adalah residivis kasus yang sama, selain pengedar, MW juga memproduksi uang palsu berbagai pecahan, dengan menscan dan mencetak mengunakan printer dirumahnya," kata Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin dalam konferensi pers, Kamis (6/5/2021). 

Arman mengatakan, kasus terungkap berkat laporan masyarakat, yang ditindaklanjuti dengan penyelidikan hingga menangkap MW beserta barang bukti berupa puluhan juta uang palsu, dan alat bukti lainnya.

Meski demikian, lanjutnya, polisi masih mengembangkan kasus ini, karena tersangka diduga juga mengedarkan uang palsu produksinya hingga luar provinsi.

"Dalam kasus ini polisi mengamankan barang bukti, uang palsu mencapai 40 juta rupiah, satu buah printer dan kertas, serta barang bukti lainnya, dan tersangka dijerat pasal 36 ayat (2) JO pasal 26 ayat (2) UU RI No 7 Tahun 2011 dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara," imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00