Ditinggal Salat Tarawih, Rumah Riyanto Hangus Terbakar

KBRN, Magelang: Diduga lalai memadamkan api di dalam tungku, rumah Riyanto (45) warga Dusun Balai Agung, Desa Bedoyo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang hangus terbakar, Rabu (14/4/2021)  malam.

“Peristiwa kebakaran tersebut terjadi, ketika rumah tersebut kosong karena ditinggal pemiliknya untuk salat tarawih,” kata Humas Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang, Yoga Subarkah.

Yoga mengatakan, sebelum kejadian, korban menyalakan api di dalam tungku untuk keperluan memasak, dan beberapa saat kemudian pergi meninggalkan rumah untuk melaksanakan salat tawarih.

Namun, diduga korban lupa mematikan api tersebut. Api lalu merambat ke kayu bakar yang ada di dekat tungku. Kobaran api dari tumpukan kayu bakar kemudian, membubung tinggi dan menghanguskan rumah milik korban.

Ia menambahkan, kejadian kebakaran tersebut pertama kali diketahui oleh tetangga korban, yakni Isnaiah.

“Saksi setelah melihat adanya kobaran api, kemudian melaporkan ke pamong desa setempat dan diteruskan ke Polsek Grabag dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang,” katanya.

Yoga mengatakan, menerima laporan kebakaran tersebut sekitar pukul 20:04 WIB. Mendapatkan laporan itu, satu tim regu piket Damkar Kabupaten Magelang beserta tiga unit mobil pompa, satu mobil tangki suplai serta satu mobil ambulans menuju lokasi untuk proses pemadaman kebakaran.

Dengan dibantu masyarakat setempat, akhirnya api dapat dipadamkan satu jam kemudian. Selain berhasil memadamkan api yang ada di rumah Riyanto, petugas juga bisa menyelamatkan 10 rumah lainnya dari amukan api tersebut.

“Agar api tidak merembet ke rumah lain, kami juga melokalisir api, sehingga 10 rumah yang berdekatan bisa diselamatkan dari amukan api,” katanya.

Ia menambahkan, dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa manusia, kerugian material diperkirakan mencapai Rp15 juta.

Sementara itu, Ketua SAR Kabupaten Magelang, Heri Prawoto menambahkan, mengerahkan sejumlah anggota SAR dan relawan untuk membantu membersihkan puing-puing kebakaran itu.

“Kami akan menerjunkan sejumlah personil SAR dan relawan untuk kerja bakti membersihkan puing-puing rumah, pada Kamis (15/4/2021),” katanya. (Dyas)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00