KLB Partai Demokrat, Mirip Peristiwa Anas Urbaningrum

Foto: Kongres Luar Biasa (KLB) untuk mencopot Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sah secara hukum.

KBRN, Jakarta: Ketua Umum Anggota Muda Demokrat (AMD) Boyke Novrizon mengatakan, Kongres Luar Biasa (KLB) untuk mencopot Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sah secara hukum.

Lantas Boyke menyinggung, saat mantan Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum tersandung korupsi digantikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono melalui mekanisme KLB.

"Kita flashback dikit, saat Anas Urbaningrum sebagai ketum, karena ada kejadian politik lalu terjadi pergantian, saat itu SBY menggantikan Anas atas hasil KLB," ucap Boyke dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu (27/2/2021).

Baca Juga:Pendiri PD 'Turun Gunung': AHY Tidak Mampu

"KLB itu sah secara undang-undang dan hukum, baik hukum negara maupun hukum parpol," tambah Boyke. 

Menurut Boyke, kondisi tersebut mirip dengan keadaan saat ini, ketika internal Demokrat bermasalah sehingga muncul keinginan KLB untuk mengganti ketum partai.

Baca Juga:Memanas, Pendiri Partai Demokrat Akan Gelar KLB

Boyke juga menyinggung kondisi kader partai di Dewan Pengurus Cabang (DPC) yang dianggap dipangkas kewenangannya oleh DPP. 

"Ada keluh kesah teman-teman mengenai mekanisme DPP diketuai oleh AHY, bahwa mereka merasakan intimidasi secara politik, karena itu ini gerakan konstitusi sama persis yang terjadi saat Anas sebagai ketum digantikan SBY," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00