Amien Rais Blak-blakan Alasan Keluar dari PAN

Foto: Bendera PAN

KBRN, Jakarta: Politikus senior Amien Rais mengungkapkan, alasan dirinya keluar dari Partai Amanat Nasional (PAN). Ia mengatakan, bahwa PAN sudah keluar dari kesepakatan awal. 

Dia mengatakan, awalnya PAN dibentuk berasaskan nilai-nilai Islam. Namun, saat ini PAN telah menyembunyikan Islam sebagai jati diri awal.

"Yang lain mengatakan nanti kalau partai kita Islam tok, sementara mungkin masyarakat Indonesia masih percaya pada pluralisme kemudian takut kalau agama dijadikan rujukan mungkin jadi ekstrem dan lain-lain," terang Amien kala menjadi pembicara di acara 'Kuliah Politik Untuk Ummat' yang disiarkan secara daring, Sabtu (28/11/2020).

Baca Juga: Pesan Amien, MUI Jangan Jadi Alat Kekuasaan

Gagasan yang sebelumnya dicetuskan Amien pun diganti. Amien menilai, keputusan itu dianggap sebagai hal yang keliru.

"Maka keputusannya itu keputusan yang banci sehingga partai PAN berasaskan nilai keagamaan rahmatan lil alamin. Jadi Islam disembunyikan," ungkap Amien.

Amien juga mengatakan keputusan tersebut membuat dirinya memilih hengkang dari PAN. Amien pun mengatakan saat ini ada ketakutan untuk menunjukkan identitas diri sebagai muslim di masyarakat.

"Jadi saudara-saudara ini ketakutan mengatakan aku muslim, aku mukmin bukan hanya menggelayuti masyarakat Indonesia, tapi di dunia lain," tutur Amien.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00