Politik Uang Sulit Dielakkan, Bawaslu Harus Ketat

KBRN, Bantul: Praktik politik uang tidak dapat dielakkan dalam pelaksanaan Pemilu. Untuk itu pengawasan terhadap hal ini perlu diperketat, karena semakin mendekati hari pelaksanaan akan semakin massif.

Koordinator Umum KISP, Edward Pahlevi, ketika dikonfirmasi RRI, menyebut, tidak hanya kepada masyarakat, tetapi pengawasan juga harus dilakukan kepada penyelenggara di tingkat bawah.

“Bawaslu juga harusnya lebih inovatif, jangan hanya menunggu. Di media sosial itu banyak informasi bersliweran tentang politik uang dan juga hoaks di berbagai grup kedua kubu peserta,” jelasnya, Kamis (26/11/2020).

Sementara itu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bantul, Kamis (26/11) sore memanggil pasangan Suharsono dan Totok Sudarto pada. Keduanya hadir untuk memberikan klarifikasi terkait video dugaan pelanggaran politik uang. Namun, baik Bawaslu maupun paslon tersebut enggan menjawab terkait pemeriksaan, karena merupakan bagian dari proses penyelidikan.

“Kami mohon maaf untuk ini memang belum bisa disampaikan detilnya karena proses penyelidikan,” katanya.

Sebelumnya, Komisi A DPRD Bantul juga sempat memanggil KPU dan Bawaslu pada Kamis (26/11) siang. Pemanggilan ini menurut Ketua Komisi A, Agus Salim, dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan persiapan Pilkada di Bantul. Selain itu, untuk menegaskan agar pelaksanaan Pilkada kali ini bebas dari masalah netralitas ASN. Karena di Pilkada 2015, Bantul menjadi sorotan dengan banyaknya kasus netralitas ASN.

 “Jangan sampai terulang lagi, sehingga Bantul dalam Pilkada ini jadi nilai merah bagi KPU, khususnya KPU Pusat dan ASN dihimbau untuk netral dan bisa membawa marwah demokrasi yang baik,” tegasnya.

Lebih lanjut Agus juga menyebut pihaknya meminta KPU untuk mempersiapkan Pilkada dengan baik, termasuk antisipasi jika ada surat suara yang rusak dan kelengkapan lain. Sementara kepada Bawaslu beberapa waktu lalu pihaknya sempat berkoordinasi terkait alat peraga kampanye.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00