Vaksinasi Harus dengan Persiapan yang Matang

Foto: ist

KBRN, Jakarta: Pemerintah ingin bergerak cepat dalam proses pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo meminta, pemerintah dalam proses pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi terlebih dahulu melakukan perencanaan dan persiapan yang matang.

"Jadi harus sesuai dengan koridor ilmiah, baik kaidah ilmu pengetahuan, data science maupun standar kesehatannya sehingga tidak menimbulkan persepsi di masyarakat bahwa pemerintah terburu-buru mengadakan vaksinasi tanpa mengikuti tahapan ilmiahnya," kata Bamsoet, Kamis (29/10/2020).

Mengingat, terang Politisi Golkar ini, aspek keamanan dan efektivitas vaksin, serta kehalalan menjadi perhatian utama masyarakat terutama para pakar dan peneliti.

Karenanya, dia mendorong, Kementerian Kesehatan dapat mengupayakan pengadaan dan pelaksanaan vaksinasi yang dipastikan setelah selesai dilakukan uji klinis, terhadap keamanan dan keefektifannya. Sebab, proses penyediaan vaksin Covid-19 dan implementasi vaksinasi sangat kompleks.

"Dibutuhkan komitmen pemerintah untuk terus berupaya melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 di Indonesia, yang diharapkan dapat mempercepat proses pemulihan kesehatan masyarakat serta pemulihan kondisi ekonomi," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00