Ditantang Ajukan Legislative Review Ciptaker, PKS Siap

Mardani Ali Sera/ Dok. PKS

KBRN, Jakarta: Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dipastikan akan menerima tantangan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal terkait 'legislative review' atas Undang-undang Cipta Kerja (Ciptaker).

Politikus PKS Mardani Ali Sera menyatakan, partainya siap menjadi inisiator sebagaimana yang diminta oleh serikat buruh.

"Untuk kebaikan bangsa dan memperjuangkan kebenaran harus siap," kata Mardani pada  rri.co.id, Kamis (22/10/2020).

Baca juga: Buruh Berencana Gelar Aksi saat Paripurna DPR

Sebelumnya, dalam sebuah konferensi pers, Said Iqbal mengungkapkan rencana menggelar aksi buruh pada saat Rapat Paripurna pembukaan masa sidang DPR RI di awal November nanti. Aksi itu mereka gelar untuk meminta DPR segera melakukan 'legislative review' atas klaster ketenagakerjaan dalam UU Ciptaker.

Said pun meminta dua fraksi penolak, Fraksi PKS dan Fraksi Demokrat untuk menginisiasi usulan tersebut.

Legislative review ditekankan Said penting dilakukan karena untuk membatalkan UU Ciptaker, butuh perangkat yang setara undang-undang pula.

Dia menjelaskan, pengaturan tersebut mengacu pada ketentuan mengenai Teknik penyusunan peraturan perundang-undangan sebagaimana dimaksud dalam Bab I butir 158 dan Bab II butir 223 lampiran 2 UU no 12 tahun 2011 tentang Peraturan Perundang-undangan sebagaimana telah diubah dengan UU no 15 tahun 2019 tentang perubahan atas UU no 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

Terkait permintaan Said tersebut, Mardani pun mengaku akan melihat terlebih dahulu proses 'legislative review' sebagaimana yang diatur oleh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku tersebut.

"Saya cek prosesnya ya," tukasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00