Nelayan Menjerit Terbentur Modal

Foto: ist

KBRN, Jakarta: Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin menyampaikan, sinergi masyarakat nelayan dengan pemerintah baik pusat maupun daerah perlu semakin ditingkatkan.

Sebab, terang dia, kondisi masyarakat nelayan selalu menemui kendala persoalan permodalan. 

"Sedangkan para investor masih enggan untuk membiayai nelayan kecil karena dianggap memiliki risiko tinggi," kata Akmal, Rabu (21/10/2020).

Karenanya, Politisi PKS ini mengusulkan agar menghadirkan berbagai program, peluang dan bantuan langsung kepada masyarakat nelayan, baik secara mandiri atau dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Nelayan yang tergabung dalam sebuah kelompok usaha, akan berkesempatan besar dalam menerima bantuan pemerintah. Kondisi ini selain melatih para nelayan dalam berorganisasi, bekerjasama juga akan menjadikan kelompok nelayan ini akan memiliki skala besar yang sedapat mungkin akan setara dengan perusahaan dalam skala menengah," jelasnya.

"Saya berharap, ada peningkatan kapasitas dan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan. Di tengah wabah Covid-19, produk olahan dari ikan bisa dikonsumsi atau bahkan dijual untuk membantu perekonomian keluarga," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00