Setelah Bintang Mahaputera Nararya, Berikutnya Menteri?

Foto (Dok. Ist)

KBRN, Jakarta: Momentum Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus mendatang, dua figur yang vokal mengkritik pemerintah yakni Fadli Zon dan Fahri Hamzah justru dianugerahi tanda penghormatan Bintang Mahaputera Nararya.

Apakah anugerah itu menjadi tanda figur ini akan masuk dalam penggodokan kabinet pemerintah nanti?

"Saya belum melihat ada indikasi yang kuat, ada korelasi nya," kata pengamat Politik dari Universitas Indonesia (UI), DR Ade Reza Hariyadi kepada rri.co.id, Rabu (12/8/2020).

Ade mengatakan, justru yang menjadi pertanyaan publik saat ini adalah pertimbangan objektif pemerintah terhadap pemberian anugerah itu kepada Fadli dan Fahri.

BACA JUGA: Jadi Sorotan, Ini Penjelasan Bintang Mahaputera Nararya

"Yang perlu dipertanyakan publik adalah pertimbangan objektif, diberinya penghargaan kepada dua figur tersebut, karena pemberian penghargaan dan tanda jasa itu diatur dalam Undang-undang. Apa kriteria objektif yang dipertimbangkan pemerintah dalam hal ini Presiden diberikan kepada dua figur tersebut? Kan tidak sesederhana sering mengkritik, dan kritikannya dianggap cukup konstruktif dan sebagainya. Saya kira yang mengkritik pemerintah kan banyak. Masyarakat juga bisa menilai substansi dari kritik yang disampaikan figur itu," jelasnya.

Jikapun ada tanda-tanda masuk ke kabinet, salah satunya kepada sosok Fadli Zon, kata Ade, semua tergantung dari Prabowo sebagai ketua umum Gerindra.

"Jadi akan kembali pada kewenangan yang dimiliki oleh Pak Prabowo yang baru saja terpilih kembali sebagai Ketum. Pak Jokowi boleh saja meminta, tapi pak Fadli Zon tetap kader partai, pasti akan sangat tergantung pada keputusan partai dalam hal ini restu politik Pak Parbowo sebagai ketua umum partai," ungkap Ade.

BACA JUGA: Sering Kritik, Fadli-Fahri Terima Penghargaan Dari Jokowi

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00