PDIP Wacanakan Jumlah Paslon dengan Angka Khusus

Ketua Umum Megawati S dan Sekjen Hasto Kristiyanto (kiri).(Dok.Ist)

KBRN, Jakarta: Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyatakan, dalam waktu dekat rekomendasi pasangan calon kepala daerah gelombang ke-III Pilkada 2020 akan diumumkan. Walaupun, saat ini Indonesia masih dalam kondisi pndemi Covid-19, pengumuman akan dilakukan secara daring.

Tapi, Hasto belum juga memberikan nama nama daerah rekomendasi PDIP ini.

"Pengumuman akan dilakukan melalui telekonferensi. Jumlah paslon yang diumumkan mengambil angka simbolik 75 orang," kata Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan pers, Jakarta (9/8/2020).

Dia menjelaskan, jumlah tersebut disesuaikan dengan momentum peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Seluruh paslon kepala daerah nantinya akan diminta untuk memperkuat semangat berdiri di atas kaki sendiri atau berdikari. (Itu, red) sesuai instruksi Ketua Umum Megawati Soekarnoputri bahwa seluruh paslon yang direkomendasikan harus membumikan Pancasila dalam tatanan kehidupan masyarakat Indonesia,” ucap dia.

Hasto juga mengatakan, cara pandang melihat kemerdekaan sebagai semangat pembebasan dan orientasi global guna membangun persaudaraan dunia akan ditekankan wajib bagi para pemimpin kepala daerah.

“Pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi Covid-19 justru menjadi tanggung jawab pemimpin di dalam membangun harapan rakyat. Hal itu juga menawarkan kebijakan komprehensif dengan semangat gotong royong memerangi penyebaran virus tersebut,” kata dia.

PDIP sebelumnya telah mengumumkan sejumlah paslon kepala daerah termasuk Solo memberikan rekomendasi kepada putra presiden, Gibran Rakabuming Raka. PDIP hingga saat ini belum mengumumkan rekomendasi mereka di Medan, Sumatera Utara. Padahal, tedapat wacana mengusung menantu Presiden Joko Widodo, yakni Bobby Nasution.

Seperti diketahui, Pilkada serentak rencananya akan dilakukan pada 9 Desember 2020 mendatang. Total daerah yang akan melaksanakan pemilihan sebanyak 270 daerah dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00