Prabowo-Puan Belum Tentu Berduet di 2024 

Pertemuan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto (Dok: Antaranews)

KBRN, Jakarta: Dukungan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Gerindra di Hambalang, Bogor Jawa Barat, Sabtu (8/8/2020) dengan menyampaikan sambutan secara virtual bukti kuatnya dukungan kepada Partai Gerindra. 

Mungkinkah dukungan Megawati ini bisa berujung pada duet Prabowo-Puan Maharani di Pilpres 2024?

"Belum tentu. Semua masih cair. Jika kepentinganya sama, maka PDIP-Gerindra bisa berkoalisi," kata Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin kepada rri.co.id, Sabtu (8/8/2020). 

Namun jika kepentingannya beda, lanjutnya mereka bisa bersebrangan kembali. "Politik itu cair dan dinamis. Tergantung perkembangan politik ke depan," ulasnya. 

"Semua masih serba mungkin. Mungkin iya, dan mungkin tidak. Bergantung pada kepentingan dan bergantung pada popularitas dan elektabilitas keduanya," tambahnya.

Diketahui, selama tiga kali pilpres, Partai Gerindra telah mengusung Prabowo sebagai kandidat calon presiden dan wakil presiden. Pada 2009, ia maju sebagai cawapres bersama Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Kemudian pada 2014 dan 2019, ia maju sebagai capres, namun selalu kalah menghadapi Joko Widodo.

Saat ini, Gerindra memiliki 78 kursi di DPR RI hasil pemilihan legislatif 2019. Dengan demikian, Gerindra mendapat peringkat ketiga setelah PDIP dan Golkar. Jumlah suara nasionalnya mencapai 17.596.839. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00