18 Parpol Daftar Jadi Calon Peserta Pemilu 2024

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari (depan), bersama Komisioner KPU RI lainnya saat memberikan keterangan pers di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/8/2022). (Deni Muhtarudin).jpeg

KBRN, Jakarta: Sebanyak 18 dari 41 partai politik (parpol) telah secara resmi mendaftar menjadi calon peserta Pemilu Serentak 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari mengungkapkan, bahwa 18 parpol tersebut termasuk empat parpol yang datang pada hari kedelapan pendaftaran atau pada Senin (8/8/2022).

“Dari 18 parpol tersebut, 10 parpol sudah masuk dalam tahap verifikasi administrasi,” ungkapnya kepada wartawan di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/8/2022).

Terkait dengan verifikasi administrasi, Hasyim menuturkan, KPU melakukannya secara terfokus di Hotel Borobudur, Jakarta. Menurut Hasyim, hal itu dilakukan karena KPU memiliki batasan waktu yang harus dipenuhi.

“KPU telah menyiapkan delapan tim, enam tim untuk melakukan verifikasi administrasi, satu tim untuk dukungan umum dan satu tim untuk Helpdesk,” ujarnya.

Sesuai jadwal tahapan, Hasyim menyampaikan, bahwa KPU membuka pendaftaran parpol dari 1 Agustus hingga 14 Agustus 2022 mendatang.

Pada hari kedelapan ini, lanjut Hasyim, empat parpol yang mendaftar yaitu Partai Republiku Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sementara itu, Komisioner KPU RI Bidang Teknis Idham Holik mengatakan, bahwa berdasarkan hasil verifikasi, dokumen persyaratan Partai Republiku Indonesia belum lengkap dan dikembalikan.

“Sedangkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh Tim Verifikasi Administrasi KPU RI terhadap Partai Hanura pukul 14.25 WIB, Partai Gerindra pukul 15.46 WIB dan PKB pukul 16.31 WIB, KPU menyatakan dokumen lengkap dan parpol bersangkutan dinyatakan terdaftar,” katanya.

Sekadar informasi, selain Partai Republiku Indonesia, ada empat parpol lagi yang belum melengkapi dokumen pendaftarannya. Mereka adalah Partai Reformasi, Partai Rakyat Adil dan Makmur (PRIMA), Partai Negeri Daulat Indonesia (PANDAI) dan Partai Demokrasi Rakyat Indoensia (PDRI).

Sementara parpol yang sudah lengkap dokumen pendaftarannya selain Partai Hanura, Gerindra dan PKB, yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai NasDem, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Demokrat bedan Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar