Legislator: Kontribusi Indonesia Besar untuk Perdamaian Dunia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Presiden Vladimir Putin (kanan).

KBRN, Jakarta: Pertemuan Presiden Joko Widodo ke Kyiev dan Moskow untuk menemui Presiden Zelensky dan Presiden Putin merupakan langkah yang sangat positif. 

Hal itu disampaikan Anggota Komisi I DPR RI Helmy Faishal Zaini yang menilai langkah Presiden merupakan upaya konkret untuk merajut misi perdamaian. 

"Kunjungan tersebut merupakan kontribusi penting sebagai komitmen Indonesia yang ikut andil dalam upaya perdamaian dunia," kata Helmy kepada wartawan, Sabtu (2/7/2022). 

"Indonesia memiliki posisi strategis dalam konteks mewujudkan perdaiaman atas konflik yang terjadi di Rusia dan Ukraina," tambahnya. 

Politisi PKB ini menegaskan, bangsa Indonesia merupakan bangsa yang menjunjung tinggi perdamaian, sebagaimana dalam pembukaan UUD 1945 yang berkomitmen untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia. 

"Dunia menyambut baik dan positif langkah strategis dan berani yang dilakukan oleh Indonesia. Ini merupakan signal baik dan modal penting untuk mewujudkan perdaiaman dunia," jelasnya. 

Untuk itu, Helmy mengatakan, misi tersebut selain mewujudkan perdamaian dan bernilai kemanusiaan, juga harus dimaknai sebagai upaya Indoensia untuk mengakhiri krisis multidimensi yang diakibatkan oleh konflik Rusia dan Ukraina. 

"Konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina memiliki dampak global, termasuk kenaikan terhambatnya rantai pasok makanan dan kenaikan harga bahan pangan," ujarnya. 

"Kami sangat optimistis pemerintah Indonesia dapat membantu menjadi komunikator yang dapat menjembatani kebuntuhan dan ketegangan konflik yang terjadi," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar