TB Hasanuddin Dukung Kunjungan Presiden ke Rusia-Ukraina

Anggoya Komisi I DPR, Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin memberikan keterangan persnya terkait rencana kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia. (Foto: Ninding Yulius Permana/RRI.co.id)

KBRN, Jakarta: Rencana kunjungan kenegaraan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia didukung penuh karena positif bagi diplomasi damai Indonesia.

Demikian disampaikan oleh Anggota Komisi I DPR, Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin dalam keterangan persnya yang diterima rri.co.id, Rabu (22/6/2022). Politikus PDI Perjuangan ini melihat kunjungan kenegaraan tersebut merupakan langkah sangat strategis.

"Kita berharap kunjungan Presiden Joko Widodo nanti dapat meredakan ketegangan antara Ukraina dan Rusia yang akhir-akhir ini semakin meningkat," terangnya.

Dijelaskan TB Hasanuddin, setidaknya sudah 100 hari lebih terjadi konflik bersenjata antara kedua negara tersebut, dan belum juga menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. 

"Semoga kunjungan tersebut dapat menjadi jembatan bagi solusi damai antara kedua negara," tambahnya.

Menurut Dewan Pengaping Paguyuban Pasundan Jawa Barat ini, konflik Ukraina dan Rusia telah berdampak negatif bagi stabilitas harga komoditas seperti minyak mentah dan bahan pangan secara global. 

Termasuk di Indonesia, sambung dia, harga beberapa bahan pangan seperti gandum atau minyak goreng mengalami kenaikan drastis. 

TB Hasanuddin menegaskan, jika konflik tersebut tidak dicarikan jalan keluarnya secara damai dan semakin berlarut-larut, maka dunia akan jatuh kedalam krisis pangan global.

“Semoga agenda kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi ke kedua negara nanti dapat membuahkan hasil yang positif dan konkrit bagi Indonesia di tengah ancaman krisis pangan dan ekonomi global yang semakin terlihat didepan mata saat ini,” tutup TB Hasanuddin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar