Jelang Iduladha, Puan: Optimalkan Pemberian Bansos

Ketua DPR RI Puan Maharani. (Foto: ANTARA)

KBRN, Jakarta: Ketua DPR Puan Maharani mengimbau pemerintah mengoptimalkan pemberian bantuan sosial (bansos) untuk rakyat kecil menyusul melonjaknya harga berbagai komoditas pangan jelang Iduladha. Sebab, menurut Puan, tingginya harga kebutuhan pokok akan berdampak terhadap kehidupan masyarakat, khususnya warga yang kurang mampu.

"Pemerintah pusat segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait pelaksanaan program bansos yang berfungsi sebagai jaring pengaman sosial bagi masyarakat miskin dan rentan miskin," kata Puan kepada wartawan, Rabu (22/6/2022). 

"Segera realisasikan bantuan yang masih tertunda seperti BLT subsidi gaji bagi pekerja. Pastikan masyarakat dapat mengakses bahan pokok secara mudah dan harga terjangkau jelang hari raya Iduladha," tambahnya. 

Di sisi lain, Puan mengapresiasi rencana pemerintah memberikan tambahan subsidi energi dan listrik. Ia berharap, inisiasi yang sama diberlakukan pada program-program bantuan lainnya.

"Termasuk pastikan dana Program keluarga Harapan (PKH) tersalurkan dengan tepat sasaran untuk rakyat yang berhak," ujarnya. 

Diketahui, harga komoditas pangan sudah mulai tinggi sejak masa Idulfitri lalu. Namun belum kembali stabil, harga-harga kebutuhan pokok sudah melonjak lagi.

Seperti harga cabai rawit yang kini sudah mencapai Rp130.000/kg. Kemudian harga bawang merah naik menjadi Rp60.000/kg dari sebelumnya sekitar Rp 40.000/kg. Kenaikan harga juga terjadi untuk telur dan daging ayam, tomat, hingga sayur-sayuran lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar