Isu Reshuffle Merebak, Sejumlah Tokoh Datangi Istana

Wakil Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas), saat tiba di Istana Negara, Rabu (15/6/2022). (Foto: Tegar Haniv/RRI)

KBRN,  Jakarta: Sejumlah tokoh mendatangi Istana Negara, di tengah isu tentang Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan reshuffle atau perombakan Kabinet Indonesia Maju, ramai dibicarakan khalayak. 

Pantauan di lokasi, tokoh yang hadir di Istana di antaranya Wakil Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas), Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Watipo, Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor, serta Sekretaris Dewan Pertimbangan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni turut hadir di Istana.

Kepala Negara dikabarkan bakal melantik dua Menteri dan tiga Wakil Menteri baru, sekitar pukul 13.30 WIB di Istana Negara Jakarta.

Zulhas telah tiba di Istana  Negara sekitar pukul 11.53 WIB.  Ia nampak menggunakan pakaian jas rapih dan langsung memasuki istana. Begitu juga dengan Afriansyah Noor dan Raja Juli.

Tidak berselang lama berselang, Hadi dan Watimpo turut hadir dan langsung memasuki Istana Negara.

Selain ketiganya, terlihat juga beberapa jajaran Kabinet dan beberapa yang memasuki Istana Negara. Mereka di antaranya Ketua Dewan Pengarah Badan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan sekaligus Ketua Umum Partai PDIP Megawati Soekarnoputri, Menteri Pertahanan sekaligus Ketua umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia sekaligus Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Hadir pula Wakil Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa.

Nama Zulhas, Hadi Tjahjanto, John Wempi Watipo, Raja Juli, dan Afriansyah Noor muncul ke permukaan jelang pengumuman Menteri dan Wakil Menteri baru.

Zulhas disebut akan dilantik sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi.  Hadi Tjahjanto disebut-sebut akan dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggantikan Sofyan Djalil.

Sementara, untuk posisi Wakil Menteri, Raja Juli Antoni akan dilantik sebagai Wakil Menteri ATR/BPN. Antoni menggantikan sesama kader PSI, Surya Tjandra. 

Afriansyah Noor akan dilantik sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker), dan John Wempi Watipo akan dilantik sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar