KSP: Penjabat Gubernur Bukan Hanya Melanjutkan Jabatan

Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Juri Ardiantoro (Dok. KSP)

KBRN, Jakarta: Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Juri Ardiantoro menegaskan, penjabat (Pj) kepala daerah tidak hanya sekadar melanjutkan atau menyelesaikan masa jabatan sampai Pilkada yang akan datang.

Hal itu ditegaskan usai pelantikan lima Pj Gubernur oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kemarin. 

"Pengangkatan menjadi kepala daerah bukan sosok yang hanya sekadar melanjutkan kepemimpinan daerah untuk hanya mengisi kekosongan, bukan hanya administratif, tetapi harus hadir sebagai sosok kepala daerah yang mengendalikan," ungkapnya saat berbincang dengan Pro3 RRI, Jumat (13/5/2022). 

Menurutnya, kepala daerah harus kuat menjadi perpanjangan tangan kebijakan pemerintah pusat untuk diimplementasikan ke daerah. 

"Mereka harus mampu menterjemahkan dan mengendalikan apa yang menjadi kebijakan pusat untuk dieksekusi ke daerah," tegasnya. 

Selain itu, ia menekankan, penjabat kepala daerah juga harus mampu memastikan dan mengelola dinamika masyarakat di daerah, untuk terus menerus memperkuat Indonesia sebagai bangsa yang utuh dan berdaulat.

"Ini penting, karena kita masih menghadapi ancaman disintegrasi bangsa, seperti isu intoleransi dan radikalisme," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar