Senayan Paripurnakan RUU TPKS Pekan Depan

Wakil Ketua DPR RI / Sufmi Dasco Ahmad

KBRN, Jakarta: Rapat pimpinan (Rapim) dan Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI telah bersepakat untuk membawa Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) ke dalam sidang paripurna pada hari Selasa 18 Januari 2022 pekan depan.

Dalam rapat itu nanti akan diputuskan bahwa RUU yang berisikan 12 bab dan 73 pasal tersebut menjadi inisiatif DPR untuk kemudian dibahas bersama pemerintah.

"Rapim dan Bamus sudah terselenggara pada hari kemarin dan insyaallah pada hari Selasa kita akan tetapkan RUU TPKS sebagai (RUU inisiatif DPR, red) dan akan dibahas Pemerintah dan DPR secepatnya," jelas Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/1/2022).

Lebih lanjut Dasco yang juga Ketua Harian Partai Gerindra ini menyatakan, Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang akan ditugaskan untuk membahas RUU TPKS bersama Pemerintah adalah Badan Legislasi (Baleg) DPR RI.

"AKD kalau saya ga salah Baleg ya. Karena dia yang kemarin merapihkan," tukas Dasco.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menekankan bahwa perlindungan terhadap korban tindak kekerasan seksual, utamanya terhadap perempuan harus menjadi perhatian bersama.

Untuk itu, Kepala Negara memerintahkan kepada Menteri Hukum dan HAM beserta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak segera melakukan koordinasi dan konsultasi dengan DPR, agar ada langkah percepatan pengesahan Undang-Undang. 

Selain itu, Jokowi juga meminta kepada Gugus Tugas terkait untuk segera menyiapkan draf masalah yang disiapkan DPR. 

"Sehingga proses pembahasan bersama nanti bisa lebih cepat, masuk ke pokok substansi untuk memberi kepastian hukum serta menjamin perlindungan bagi korban kekerasan seksual," demikian Jokowi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar