Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies Dalam Survei JSPI

KBRN, Jakarta: Jaringan Survei Publik Indonesia (JSPI) kembali meilis hasil surveinya terhadap tingkat elektabilitas sejumlah sosok yang mencuat di publik berpeluang menjadi bakal Calon Presiden di 2024. Hasilnya, sosok Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menempati elektabilitas teratas. 

Dalam survei itu, Prabowo yang juga Menteri Pertahanan RI menempati posisi pertama atau mengungguli lima sosok lainnya dengan perolehan elektabilitas 28 persen. 

“Simulasi enam calon, elektabilitas tertinggi masih di raih Prabowo Subianto dengan raihan keterpilihan sebesar 28,3 persen,” ungkap Manager Riset JSPI, Yuyun Andriani, Kamis (13/1/2022).

Kemudian dibawah Prabowo, ada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo perolehan elektabilitas sebesar 15,1 persen. Gubernur Jakarta, Anies Baswedan menyusul dibelakang Ganjar dengan raihan 13,9 persen.

“Hasil survei mengkonfirmasi tren umum temuan lembaga survei lain bahwa posisi runner up dan ketiga masih ditempati oleh Ganjar dan Anies secara berhantian,” tutup dia.

Sementara, pda posisi keempat ada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan angka 13,2 persen dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dengan tingkat elektabilitas 9,8 persen. Angka Sandi ini sedikit unggul dari sosok Ketua Umum Goldkar,  Airlangga Hartanto sebesar 9,6 persen.

Sebagai informasi, survei berlangsung pada periode 9 sampai 21 Desember 2021. Ada sebanyak 1.520 orang responden yang teribat dan mereka seuruhnya tersebar di 34 Provinsi. 

Adapun teknik pengambilan sample digunakan melalui metode Multistage Random Sampling lewat wawancara langsung dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dan margin error sebesar 2,5 persen.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar