Fit Propres Test Anggota KPU-Bawaslu Berlangsung Februari

KBRN, Jakarta: Wakil Ketua Komisi 2 DPR RI, Saan Mustopa mengungkapkan uji kelayakan atau fit and proper test terhadap 14 calon Komisioner KPU dan 10 calon Anggota Bawaslu, akan berlangsung di Februari mendatang.

Ia memastikan, prosesnya akan selesai sebelum masa reses yang akan berlangsung mulai tanggal 21 Februari 2022.

"Jadi DPR reses akan 21 Februari, sebelum reses sudah punya KPU dan Bawaslu baru, yang lama akan habis di bulan April," tutur Saan dalam diskusi daring bertajuk Pentingnya Penyelenggaraan Pemilu Yang Berintegritas.

Saan menjelaskan, Pemilu 2024 memiliki kerumitan yang lebih tinggi ketimbang 2019 lalu. Sebab dalam satu waktu terdapat Pilpres, Pileg dan DPD serta Pilkada yang akan berlangsung pada November 2024.

Belum lagi bayang-bayang Covid-19 yang kemungkinan masih terjadi, mengingat terus bermutasinya virus berbahaya ini.

"Saat itu tidak ada Pilkada saja bebannya besar dan menimbulkan persoalan, meninggalnya pengelenggara adhoc, persoalan elektoral, pemilih lebih tertarik pada Pilpres, DPRD, Pileg, seakan-akan hanya Pilpres saja," jelasnya.

Untuk itu jajaran KPU dan Bawaslu yang baru nanti menurutnya musti memiliki managemen kepemiluan yang baik. Mampu membuat gaung pemilu tidak hanya berpusat pada Pilres saja tapi di seluruh tingkat pemilihan. 

Termasuk berintegirtas, independen dan bebas dari kepetingan politik apapun. Hal itu menjadi penting agar terpilihnya pemimpin-pemimpin yang berkualitas 

"Berikutnya dia harus punya kemampuan yang sangat memadai terkait dengan teknis-teknis kepemiluan. Meyakinkan Pileg dan Pilres sam-sama penting," tandasnya.

Diketahui, Panitia Seleksi (Pansel) calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan calon anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) masa jabatan 2022-2027 telah menyerahkan 24 nama hasil seleksi kepada Presiden RI Joko Widodo. 24 nama tersebut terbagi menjadi 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu.

Nantinya Presiden akan menyampaikan nama-nama yang sudah diputuskan untuk diserahkan kepada DPR RI dalam waktu 14 hari. Selanjutnya DPR RI akan melakukan fit and proper test terhadap 14 nama calon KPU dan 10 calon Bawaslu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar