Bangun Indonesia Timur, RUU Daerah Kepulauan Diusulkan

ANTARA Foto / HO-Humas Pemprov Sulsel

KBRN, Jakarta: Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Nono Sampono mendorong agar Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Daerah Kepulauan yang diusulkan DPD RI segera dibahas dan disahkan menjadi Undang-Undang (UU).

Sebab menurut dia, RUU tersebut dapat dijadikan pijakan untuk membangun daerah-daerah pulau tertinggal di kawasan timur Indonesia khususnya, menjadi daerah yang lebih berkembang sebagaimana daerah-daerah di wilayah barat.

"Saya ambil contoh misalnya di timur Indonesia, itu ada 6 provinsi dan memang bagaimana kawasan timur itu bisa menyongsong kemajuan yang seimbang mengejar yang ada di kawasan barat, mau tidak mau. Di Papua ada Undang-undang Otsus Papua, kalau 6 provinsi daerah kepulauan yang ada di timur ini juga mendapat payung hukum untuk daerah kepulauan maka kiranya pembangunan di kawasan timur juga akan lebih maju," katanya, ditulis Sabtu (4/12/2021).

Lebih lanjut dia menjelaskan, ada tiga komponen penting dalam RUU tersebut, pertama menyangkut masalah kewilayahan dan sumber daya alam, yang kedua menyangkut masalah pemerintahan, serta yang ketiga menyangkut anggaran.

"Sehingga kalau memang ini bisa diperjuangkan maka tentu daerah kepulauan ini mampu akan membangun dirinya dan akan terjadi kemajuan-kemajuan di daerah tersebut," tekannya.

Namun demikian, lanjut dia, DPR masih belum menyusun panitia khusus (Pansus). Sementara surat dari Presiden untuk mengutus tujuh kementerian yang hadir dalam pembahasan sudah diberikan.

"Yang jadi permasalahan sekarang adalah belum ada pembahasan," imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar