FOKUS: #PON XX PAPUA

Mahfud: PON Sukses, Bukti Papua Dukung NKRI

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD (Dok. Kemenko Polhukam RI)

KBRN, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 berlangsung sangat aman, dimana pembukaan oleh Presiden dan penutupan oleh Wakil Presiden, dinilai sangat meriah. 

Ini adalah pembuktian bahwa Indonesia mampu membangun kebersamaan di tanah Papua.

Demikian dikatakan Menko Polhukam Mahfud MD di Jayapura, Sabtu (16/10/2021), usai menghadiri penutupan PON XX Papua oleh Wakil Presiden, Jumat (15/10/2021) malam. 

BACA JUGA: Kesuksesan PON Papua Tepis Keraguan Banyak Pihak

“Yang paling penting, pembuktian bahwa rakyat Papua beserta pemerintah daerah dan aparatnya kompak, menyatakan kebersatuan dan dukungannya kepada NKRI. Dari Gubernur dan rakyat senantiasa meneriakkan NKRI dan mengumandangkan Indonesia Raya,” ucap Mahfud, melalui keterangan resmi yang diterima RRI.co.id, Sabtu (16/20/2021).

Mahfud lanjut menuturkan, bangsa Indonesia mampu menyelenggarakan aktivitas yang penuh disiplin dan sportif, bahkan beberapa cabang berhasil memecahkan rekor di Asia. 

Menurutnya, Indonesia bisa melakukan itu semua, dan yang terpenting, membuktikan kebersatuan Indonesia sangat kuat. 

BACA JUGA: Kesuksesan PON Papua Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan

“Semakin yakin kita, bahwa Papua ini sangat NKRI. Mereka yang separatis, yang memberontak, dan yang bikin kerusuhan hanya sedikit sekali dan di tempat tertentu saja. Di Papua urusan NKRI sudah selesai,” pungkas Menko Mahfud. 

Menko Polhukam juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Papua, Pemerintah Daerah, Aparat Keamanan, dan semua pihak yang sudah terlibat dan mensukseskan PON sehingga bisa berlangsung aman dan lancar selama dua pekan terakhir. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00