Survei Peta Koalisi 3 Poros hingga Capres 2024

KBRN, Jakarta: Analisis Politik Voxpol Centre Research And Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menyebut dari hasil surveinya terdapat sejumlah kandidat dalam kontestasi Capres 2024, diantara Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, AHY, Airlangga dan lainnya.

"Nama yang sudah muncul kan Prabowo, Ganjar, Anies, sesuai dengan klaster, Ketum juga muncul Prabowo, AHY, Airlangga, Gus Ami, Kepala Daerah, Anies, Ganjar, Ridwan Kamil, nama nama yang familiar," ungkap Pangi Syarwi Chaniago dalam diskusi  Membaca Peta Koalisi dan Potensi Kontestasi 2024, Jakarta, Kamis (14/10/2021).

Selain survei Capres 2024, diprediksi juga akan terbentuk 3 poros peta koalisi yang semakin menyengitkan kompetisi pemilu.

"Ada 3 poros kan, misalnya PDI P sama Gerindra, tokohnya Prabowo Puan, yang kedua koalisi poros Golkar dan PPP, PAN, PKB bisa saja mengusung Ganjar Airlangga, king maker bisa Jokowi, poros ketiga bisa saja SBY, Nasdem, PKS," paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Politisi Golkar yang juga Anggota Komisi VIII DPR, Ace Hasan Syadziliy menyebut pihaknya telah meminta seluruh kadernya untuk mensosialisasikan Ketum Golkar, Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024.

"Sekarang Partai Golkar meminta seluruh kader partai untuk mensosialisasikan Pak Airlangga sebagai calon Presiden 2024 tersebut, agar popularitasnya, elektabilitasnya semakin tinggi, dan kita masih punya waktu sampe 3 tahun ke depan terus bekerja memastikan bahwa tingkat elektabilitas pak Airlangga semakin menanjak, soal komunikasi koalisi saya kira masih sangat dinamis, Partai Golkar akan berkoalisi dengan partai manapun yang sejalan pandangan, pikiran," jelas Ace Hasan Syadziliy.

Sementara itu, Politisi PPP yang juga Anggota DPR, Achmad Baidowi tengah melakukan pemetaan sejumlah Kepala Daerah untuk diusung menjadi Cawapres.

"Gubernur DKI Pak Anies, Gubernur Jawa Barat Pak Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur kita undang semua untuk menyampaikan gagasannya, bener enggak sih gagasan mereka seperti apa, selama ini kita dapat dari media, maka melalui Munas Alim Ulama PPP itu," pungkasnya.

Sejumlah Ketum Partai Politik juga sudah mulai memasang baliho baliho di sejumlah daerah, sebagai pemanasan di Pemilu 2024.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00