Penghitungan Suara Pilkades Tangerang Dikawal Ketat

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Deoniniu De Fatima. (AEN)

KBRN, Kabupaten Tangerang: Sebanyak 970 personel Satuan Tugas Gabungan (Satgas) mengawal proses Pilkades serentak di 77 desa pada Kabupaten Tangerang hingga penghitungan suara, dan rekapitulasi suara di 26 kecamatan. 

"Kami telah menerjunkan 970 personel gabungan dari Polres Metro Tangerang Kota, Kodim 0510, Polresta Tangerang Kabupaten, Polres Tangerang Selatan dan dua Kompi Brimob Polda Metro Jaya dari pemungutan hingga penghitungan suara," ungkap Kombes Pol Deonijiu De Fatima, Kapolres Metro Tangerang Kota kepada rri.co.id, Minggu (10/10/2021). 

Menurut De Fatima, pelaksanaan Pilkades serentak 77 desa di Kabupaten Tabgerang ada yang masuk wilayah hukum Polres Metro Tangerang yakni, Kecamatan Pakuhaji, Sepatan dan Teluknaga. 

"Sebelum melakukan lengawalan dan pengamanan Pilkades dimulai dari persiapan kemarin, kita mulai gelar pasukan pengamanan. Setelah itu personel kita ditempatkan di lokasi-lokasi mulai dari TPS, kelurahan dan kecamatan," terangnya. 

Selain itu, sambung Kapolres, pihaknya juga mdlamukan patroli pada malam hingga pagi hari sebelum pencoblosan untuk mengantisipasi atau gerakan-gerakan yang tidak sesuai dengan pemilihan serta meyakinkan betul pelaksanaan pencoblosan hari ini berlangsung aman dan kondusif. 

"Kami juga masih melakukan pengamanan kertas suara mulai dari penghitungan dibTPS, kantor kelurahan, rapat pleno fi kecamatan hingga pengantaran atau lenyerahan ke Penerintah Kabupaten Tangerang," tutur De Fatima. 

De Fatima juga menehaskan, prosesi Pilkades digelar di 1178 TPS yang tersebar di 77 desa dan 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang dengan jumlah calon kepala desa sebanyak 306 orang tetap menerapkan protokol kesehatan. 

"Seluruh masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," tandasnya. 

Diberitakan sebelumnya, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengaku, partisipasi pemilih pada Pilkades di 77 desa pada Kabupaten Tangerang sekitar 70 persen. 

Namun, menurut politisi Partai Golkar itu masyarakat selain datang mencoblos juga mengikuti penyuntikan vaksinasi dosis kedua secara antusias. 

Dia juga menjelaskan, pada pelaksanaan Pilkades di 77 desa saat ini mudah-mudahan hingga akhir pelaksana sampai selesai berjalan dengan baik, tanpa adanya kendala yang berarti. 

"Alhamdulillah dari 77 desa semua rata rata sudah di atas 70 persen pemilihnya, walau ada beberapa desa di wilayah Pantura yang baru mendekati angka 70 persen. Saya berharap semoga pelaksanaan Pilkades kali ini bisa berjalan aman, damai demokratis dan sehat," ujarnya kepada rri.co.id, Minggu (10/10/2021).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00