Partisipasi 70%, Coblos Pilkades Berikut Vaksinasi Covid-19

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar (Aen)

KBRN, Tangerang : Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengaku, partisipasi pemilih pada Pilkades di 77 desa pada Kabupaten Tangerang sekitar 70 persen. 

Namun, menurutnya, masyarakat selain datang mencoblos juga mengikuti penyuntikan vaksinasi dosis kedua secara antusias. 

Dia juga menjelaskan, pada pelaksanaan Pilkades di 77 desa saat ini mudah-mudahan hingga akhir pelaksana sampai selesai berjalan dengan baik, tanpa adanya kendala yang berarti. 

"Alhamdulillah dari 77 desa semua rata rata sudah di atas 70 persen pemilihnya, walau ada beberapa desa di wilayah Pantura yang baru mendekati angka 70 persen. Saya berharap semoga pelaksanaan Pilkades kali ini bisa berjalan aman, damai demokratis dan sehat," ujarnya kepada rri.co.id, Minggu (10/10/2021). 

Selain itu, Zaki menambahkan, pihaknya telah memenuhi segala unsur untuk pengadaan gerai vaksin di tiap TPS saat gelaran Pilkades ini. 

"Saat ini gerai vaksin yang kita desain untuk membantu percepatan capaian vaksinasi masyarakat terutama di 77 desa menjadi prioritas. Bagi mereka yang mau vaksin dosis kedua tinggal bawa data-datanya ke TPS, dan tinggal langsung divaksin," bebernya. 

Diketahui, Pilkades serentak di Kabupaten Tangerang digelar di 1178 TPS yang tersebar di 77 desa dan 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang dengan jumlah calon kepala desa sebanyak 306 orang. 

Sebelumnya diberitakan, Kemendagri Pantau langsung Pilkades serentak 77 daerah di Kabupaten Tangerang sekaligus memastikan kontestasi politik lokal ini menjadi ajang percepatan vaksinasi nasional. 

Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Yusharto Huntoyungo mengatakan, Kabupaten Tangerang menggelar Pilkades serentak di 77 desa. Pilkades yang digelar di Kabupaten Tangerang merupakan pilot project untuk daerah lainnya di Indonesia. 

Menurut Yusharto, setelah sempat ditunda selama tiga bulan, gelaran pemilihan tersebut akhirnya digelar. Kabupaten Tangerang, merupakan pilot project terkait protokol kesehatan dari gelaran Pilkades di Indonesia. 

"Dan dari protokol kesehatan banyak hal yang kami catat dan mudah-mudahan ini menjadi prototype pelaksanaan Pilkades di Indonesia, dimana saat ini begitu banyak varian virus korona," ujarnya kepada rri.co.id, di TPS 04 Desa Bojong Kamal, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Minggu (10/10/2021).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00