FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Pilkades Serentak Tangerang, Vaksinasi Covid-19 Dikebut

Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Yusharto Huntoyungo meninjau Pilkades di Kabupaten Tangerang. (AEN)

KBRN, Tangerang: Kemendagri memantau langsung Pilkades serentak 77 daerah di Kabupaten Tangerang sekaligus memastikan kontestasi politik lokal ini menjadi ajang percepatan vaksinasi nasional. 

Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Yusharto Huntoyungo mengatakan, Kabupaten Tangerang menggelar Pilkades serentak di 77 desa.

Pilkades yang digelar di Kabupaten Tangerang merupakan pilot project untuk daerah lainnya di Indonesia. 

Menurut Yusharto, setelah sempat ditunda selama tiga bulan, gelaran pemilihan tersebut akhirnya digelar.

Kabupaten Tangerang, kata dia, merupakan pilot project terkait protokol kesehatan dari gelaran Pilkades di Indonesia. 

"Dan dari protokol kesehatan banyak hal yang kami catat dan mudah-mudahan ini menjadi prototype pelaksanaan Pilkades di Indonesia saat begitu banyak varian virus korona," ujar Yusharto di TPS 04 Desa Bojong Kamal, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Minggu (10/10/2021). 

Yusharto menyatakan, piloct project tersebut terdiri dari penerapan protokol kesehatan, penggunaan masker dan menjaga jarak serta mengundang pemilih secara bertahap. 

"Dan juga harus ada penyediaan gerai vaksinasi, ini menjadi sebuah inovasi pelaksanaan Pilkades kali ini," katanya. 

Yusharto menuturkan, dari pengamatan pihaknya melalui laporan instrumen yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang, dinyatakan sudah ada kesesuaian konsistensi antara laporan dengan di lapangan terkait protokol kesehatan. 

"Penerapan protokol kesehatan sudah diterapkan dengan begitu baik oleh Pak Bupati Tangerang. Karena kita pun telah menyampaikan imbauan jauh jauh hari terkait Pilkades ini, agar melaksanakan protokol kesehatan dengan sebaik baiknya," kata dia.

Yusharto juga mengatakan, pihaknya mengapresiasi semua pihak yang sudah melaksanakan Pilkades dengan sesuai Permendagri 72 Tahun 2020 dan sudah sesuai juga dengan surat Mendagri tanggal 8 Oktober 2021, dengan baik. 

"Diharapkan rangkaian Pilkades ini akan menjadi ajang untuk percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00