Tiga Varian Virus Corona, DPR: Tingkatkan Kewaspadaan

Foto: ist

KBRN, Jakarta: Tiga varian virus corona dari luar negeri, yakni B.1.1.7 asal Inggris, varian mutasi ganda B.1.617 asal India, serta B.1.351 dari Afrika Selatan, kini sudah ditemukan di Indonesia.

Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo meminta, masyarakat tidak perlu panik terhadap tiga temuan virus Corona yang bermutasi di tiga negara.

"Kita harus meningkatkan kewaspadaan, baik kewaspadaan dari sisi pemerintah, masyarakat, tokoh-tokoh masyarakat, dan semuanya para pihak harus meningkatkan kewaspadaan," kata Rahmad kepada RRI.co.id, Senin (3/5/2021).

Politisi PDI Perjuangan ini mengungkapkan, bahwa sebuah keniscayaan virus Corona bermutasi lantaran itu merupakan karakteristik yang berubah-ubah.

"Yang menjadi persoalan kalau itu mutasinya menjadi semakin cepat dan semakin berbahaya," ujarnya.

Karenanya, Rahmad mengajak seluruh pihak untuk meningkatkan kewaspadaan seperti menjaga jarak, mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun, dan air yang mengalir, kemudian bermasker.

"Tentu yang utama dan pertama adalah kita meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan kedisiplinan kita dalam menjalankan protokol kesehatan," terangnya.

"Apapun itu mau bermutasi dalam bentuk yang lemah dalam bentuk yang lebih cepat maupun lebih membahayakan, kita menyikapinya adalah dengan protokol kesehatan sambil menunggu teknologi-teknologi dalam rangka untuk menghalau itu virus mutasi Covid-19," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00