Masa Tenang Pilkada 2020, Mahfud: Jangan Gaduh!

Ilustrasi Pilkada Serentak 2020.(Dok.Ist)

KBRN, Jakarta: Masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 telah berakhir hari ini, Sabtu (5/12/2020), dan menjadi perhatian Menko Polhukam RI Mahfud MD supaya masyarakat bersiap diri menuju tempat pemungutan suara (TPS), pada Rabu (9/12/2020).

“Saya mengimbau semua pihak untuk menyambut jelang masa tenang, dengan tetap menjaga suasana kondusif, menghindari kegaduhan, dan ajakan bersiap menuju TPS,” kata Mahfud di Jakarta, Sabtu (5/12/2020).

Sebab, kata dia, kampanye 71 hari telah dilalui dengan baik, dan kini memasuki masa tenang 6,7,8 Desember 2020.

“Alhamdulillah hari ini Sabtu 5 Desember, kita sudah mengakhiri masa kampanye  dan mulai memasuki masa tenang Pilkada serentak. Isilah hari-hari tenang itu, dengan betul-betul membuat ketenangan, tidak membuat kegaduhan!,” tegas Mahfud.

Semua lapisan masyarakat, lanjut dia, harus bersiap diri.

“Penyelenggara (pilkada, red), kontestan, maupun masyarakatnya untuk tetap menjaga situasi yang kondusif. Pilkada serentak sangat dikhawatirkan oleh banyak pihak, akan menimbulkan masalah penyebaran Covid,” kata dia.

Dia mengajak seluruh masyarakat membuktikan, semua masyarakat dapat berlaku disiplin, dan menjaga itu semua.

“Untuk masyarakat, untuk rakyat, silakan berikan suara Anda sebanyak-banyaknya. Karena satu suara Anda akan menentukan masa depan Anda, sekurang-kurangnya menentukan nasib Anda di bawah kepemimpinan selama 5 tahun ke depan,” ujar Mahfud.

Masa kampanye 71 hari ini menurutnya bisa dilalui dengan baik, dan begitu pula mulai besok, tanggal 6, 7, 8 adalah hari-hari tenang.

“Tolong di hari H, tanggal 9 itu, datang berbondong-bondong ke TPS sesuai dengan jam, jadwal yang sudah ditentukan oleh KPU dan ikuti protokol kesehatan yang ditentukan oleh KPU. Dan jangan membuat keributan,” kata dia.

“Biasanya keributan itu terjadi sesudah perhitungan suara dan sebagainya. Semuanya harus berlaku proporsional dan tertib demi kebaikan kita bersama,“ pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00