Jelang Pencoblosan, Pilkada Kaltim Dipastikan Aman

Foto: ist

KBRN, Jakarta: Persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Provinsi Kalimatan Timur (Kaltim) saat ini sudah mencapai 95 persen, untuk itu diharapkan kepada masyarakat ikut berpartisipasi dalam pilkada ini khususnya di 9 kabupaten/kota yang ada di Kaltim agar pemilihan bisa berjalan dengan lancar. 

"Pemda telah menjelaskan semua penyelenggara sudah di-rapid, kemudian alat logistik sudah didistribusikan. Dengan demikian DPD RI mengharapkan semua bisa berjalan dengan lancar," Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Mahyudin, Sabtu (5/12/2020).

Lebih jauh, Mahyudin mengungkapkan, partisipasi masyarakat dalam beberapa pelaksanaan pilkada tidak terlalu maksimal, karena masih banyaknya jumlah pemilih golongan putih (golput), yang dapat mencapai lebih dari 40 persen. 

Apalagi, terang dia, di tengah pandemi Covid-19 ini, ada kemungkinan peningkatan jumlah pemilih golput, karena sebagian masyarakat takut untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mencoblos. 

"Kita perlu bantuan pemerintah daerah untuk bisa membantu menyukseskan pemilu ini melalui sosialisasi-sosialisasi bahwa TPS itu aman," ujarnya.

Selain itu, Mahyudin mengharapkan agar dalam pelaksanaan pilkada ini masyarakat dapat memilih pemimpin yang memiliki integritas dan kapasitas yang tinggi sehingga mampu membangun daerah menjadi lebih baik lagi. 

"Tidak usah khawatir dengan covid-19 lagi karena KPU sudah menyiapkan segala sesuatunya seperti protokol di lapangan, alat kelengkapan dan sebagainya. Insya Allah  sesuai standar kesehatan, semoga para pemegang suara yang akan mencoblos aman di TPS," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00