FOKUS: #PILKADA 2020

Positif Covid-19, Anggota KPPS Bengkulu Bakal Diganti

KBRN, Bengkulu: Hasil pemeriksaan rapid test sementara terhadap 5.790 orang dari total jumlah sebanyak 7.119 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur se-Kota Bengkulu, sebanyak 129 orang dinyatakan reaktif.

“Sementara ini sudah ada sebanyak 129 orang anggota KPPS yang hasil pemeriksaan rapid testnya reaktif,” ungkap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu Darlinsyah, dalam keterangannya, Selasa (1/12/2020).

Darlinsyah menjelaskan, saat ini anggota KPPS yang belum melakukan rapid tes, sedang menjalani rapid test hingga 4 Desember mendatang. Mengingat jika ada yang ditemukan hasilnya reaktif, akan mengikuti uji swab.

"Bagi anggota KPPS yang hasil rapid testnya reaktif, tidak langsung kita ganti. Tetapi diurusi dan kita lakukan uji swab dulu," terangnya. 

Lebih lanjut ditambahkan, untuk hasil rapid test anggota KPPS di tingkat kabupaten, pihaknya belum menerima laporan.

Hanya saja apabila hasilnya reaktif, harus dilakukan uji swab, untuk mengetahui apakah terpapar Covid-19 atau tidak.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk mengantisipasi penyebaran Covid 19 sekaligus mencegah terjadinya klaster baru pada saat hari H pemungutan suara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu pada 9 Desember 2020

“Jika dari uji swab didapati anggota KPPS yang hasil positif, baru kita dilakukan pergantian,” pungkas Darlinsyah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00