KPU Kotim Mulai Distribusi Logistik Pilkada

KBRN, Palangka Raya : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah telah mendistribusikan logistik pilkada baik surat suara termasuk logistik pendukung lainnya seperti tinta dll, logistik telah diterima KPU Kabupaten/kota seKalteng, termasuk KPU Kotawaringin Timur bahkan sudah melakukan penyoltiran dan pelipatan surat suara.

Ketua KPU Kabupaten Kotawaringin Timur, Siti Fathonah Purnaningsih menyatakan bahwa logistik pilkada sudah diterima sesuai pengajuan, surat suara yang diterima sebanyak. 272.360 surat suara baik untuk pemilihan bupati/wakil bupati Kotim dan pemilihan gubernur/wakil gubernur Kalteng pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember 2020.

"Total surat suara pemilihan gubernur yang diterima sebanyak 137 kotak, sedang surat suara pemilihan bupati 138 kotak. Total lembaran surat suara sendiri yakni 272.360 surat suara, ditambah 2,5 persen sebanyak 2.000 PSU," sebut Siti, Kamis (26/11/2020). 

Sementara, terkait penyortiran dan pelipatan surat suara sudah dilakukan, melibatkan ratusan warga, hasil dari soltiran surat suara yang rusak lumanyan banyak baik untuk pilgub maupun pilbup, surat suara yang rusak untuk pemilihan bupati 900 lebih, sedangkan surat suara pemikihan gubernur yang rusak seribu lebih.

"Khusus surat suara yang rusak kami sudah ajukan untuk diganti, surat suara yang rusak juga akan dimusnahkan satu hari sebelum pencoblosan, agar tidak ada kecurigaan dengan pihak penyelenggara pilkada 2020," ucapnya.

Langkah KPU Kotim yang berkeinginan memusnahkan surat suara yang rusak, juga didukung oleh Pengamat Politik, Jovano Alva Palanewen, dia mengapresiasi langkah KPU yang mau memusnahkan surat suara yang rusak asal sesuai mekanisme yang ada, tidak melanggar aturan.

"Kalau memang begitu mekanisme KPU dapat memusnahkan surat suara yang rusak, ku rasa bagus, supaya surat suara tidak disalah gunakan," tandasnya.

Untuk pendistribusian logistik ke kecamatan akan dilaksanakan seminggu sebelum hari H, 9 Desember 2020, diharapkan pendistribusian berjalan aman dan lancar, cuaca mendukung serta dikawal pihak pengawas dan kepolisian.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00