[Pilkada Medan] Salman Alfarisi Tersandung Dugaan Pidana

Calon Wakil Wali Kota Medan nomor urut 2, Salman Alfarisi (Dok. Istimewa)

KBRN, Medan: Penyidik Polrestabes Medan berencana memanggil calon Wakil Wali Kota Medan nomor urut 1, Salman Alfarisi.

Salman bakal dipanggil terkait dugaan pelanggaran pidana pemilihan umum (pemilu) yang dilaporkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Medan. 

"Sejauh ini masih kita selidiki, tapi memang ada rencana pemanggilan. Hari ini rencananya kita putuskan kapan yang bersangkutan akan kita panggil," kata Panit Tipiter Polrestabes Medan, Iptu Zuhatta di Medan, Rabu (25/11/2020).

Zuhatta menjelaskan, dugaan pelanggaran pidana pemilu yang ditujukan kepada Salman, terkait gerakan kampanye di dalam tempat ibadah.

Saat ini, pihaknya tengah memeriksa sejumlah saksi yang dianggap mengetahui perihal kampanye di tempat ibadah tersebut.

"Jadi yang baru kita periksa saksi-saksi yang merekam, dari pihak-pihak panwas yang membuat temuan. Terus ada kakek tua yang membagikan brosur di dalam masjid, serta ada beberapa saksi lain yang masih kita panggil. Total ada lima saksi. Tapi ini bisa bertambah karena masih kita lakukan pengembangan," ujarnya menambahkan.

Zuhatta lanjut menuturkan, lima saksi yang dimaksudkan tersebut telah dipanggil untuk dimintai keterangan perihal pelanggaran kampanye tersebut.

Lebih lanjut, menurut dia, kasus ini ditangani oleh Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), dimana apabila Salman dipanggil akan diperiksa di Bawaslu.

"Ini ditangani di Gakkumdu, diperiksanya di Bawaslu," tandas Zuhatta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00