FOKUS: #PILKADA 2020

Masa Kampanye, Bawaslu Pandeglang Klaim Nihil Pelanggaran

Ketua Bawaslu Pandeglang, Ade Mulyadi (Dendy/RRI)

KBRN, Pandeglang: 39 hari memasuki masa kampanye Pilkada Pandeglang 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang mengklaim belum ada temuan pelanggaran yang ditemukan. Begitu juga soal laporan pelanggaran yang dilakukan oleh masing-masing pasangan calon (Paslon).

Ketua Bawaslu Kabupaten Pandeglang, Ade Mulyadi menyebut, sejauh ini pelaksanaan Pilkada masih relatif kondusif.

"Kalau untuk laporan dan temuan pelanggaran selama kampanye belum ada. Mudah-mudahan sampai selesai tidak ada pelanggaran,” katanya, Selasa (3/11/2020).

Dia mengakui, saat ini ada laporan yang tengah ditangani pengawas. Akan tetapi dia menjelaskan, laporan yang masuk ke Bawaslu, merupakan dugaan pelanggaran sebelum dimulainya masa kampanye.

“Adapun laporan yang masuk sebelum kampanye itu temuan yang dulu,” sambungnya.

Ade menyebut, ada beberapa laporan yang masuk seperti netralitas ASN di Kantor Kementerian Agama (Kemenag). Namun pihaknya memastikan bahwa pihak yang terlapor bukan ASN, melainkan hanya warga sipil biasa.

"Kalau beberapa waktu lalu memang ada laporan soal netralitas ASN Kemenag, tetapi pada saat kami telusuri ternyata itu bukan ASN. Jadi, kami tidak masukan kedalam laporan atau pelanggaran. Tidak diproses, karena itu hanya dugaan saja dan tidak terbukti," tutup Ade.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Pandeglang, Karsono menegaskan, pihaknya akan terus memeloti pelaksanaan kampanye, baik oleh Paslon maupun simpatisan peserta Pemilu. Bawaslu memastikan akan memproses setiap pelanggaran yang ditemukan.

Hal itu sebagaimana yang sudah dilakukan ketika memberi rekomendasi terhadap sejumlah ASN yang terlibat politik praktis beberapa waktu sebelum masa kampanye dimulai.

"Kalau untuk laporan, kita terima ada beberapa laporan, tapi datanya saya belum tahu ada berapa. Adapun masalah netralitas ASN itu sudah diproses, itupun yang lama," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00