FOKUS: #PILKADA 2020

Pilkada di Tengah Pendemi Merupakan Tugas Berat

Gubernur Banten, jajaran Forkompimda Banten dan Kabupaten Pandeglang menggelar rapat koordinasi di Pendopo Bupati Pandeglang (Dendy/RRI)

KBRN, Pandeglang: Gubernur Banten, Wahidin Halim mengakui bahwa melaksanakan Pilkada di tengah pandemi Covid-19 merupakan tugas yang berat.

“Ini memang menjadi tugas berat ketika bagaimana demokrasi atau kebebasan bisa dikerjasamakan dan paralelkan dengan program corona. Ini memang tidak gampang,” katanya dalam rapat koordinasi dengan unsur Forkompimda Banten dan Kabupaten Pandeglang di Pendopo Bupati Pandeglang, Selasa (29/9/2020).

Rakor itu dilakukan untuk memastikan bahwa pelaksanaan Pilkada Pandeglang berjalan lancar dan kondusif.

Wahidin menuturkan, karena berbarengan dengan pandemi Covid-19, situasi ini memunculkan kecemasan, ketakutan, dan kepanikan.

“Ini memang menjadi tugas berat ketika bagaimana demokrasi atau kebebasan bisa dikerjasamakan dan paralelkan dengan program corona. Ini memang tidak gampang,” imbuhnya.

Gubernur yang akrab disapa WH itu menilai, situasi yang terjadi saat ini justru menjadi tantangan untuk mengkombinasikan antara program penanganan Covid-19 dengan Pilkada. Oleh karenanya, WH menekankan penyelenggara Pemilu dan pihak keamanan bisa menjalankan tugasnya dengan baik tanpa mengesampingkan upaya menekan penyebaran Covid-19.

“Kalau pilkada berjalan lancar, corona bisa dikendalikan, ini harapan semua dan akan kita buktikan bahwa kita bisa meng-combine, menyatukan antara program PSBB dengan Pilkada. Jadi intinya bagaimana hari ini kita berembuk untuk memikirkan hal itu,” tegasnya.

Sementara dari hasil rakor tersebut, mantan Wali Kota Tangerang dua periode itu menyebut, situasi politik di Pandeglang masih berlangsung aman dan lancar. Dia pun meyakini upaya dan rencana penanganan Covid-19 yang disusun pemerintah, penyelenggara Pemilu, TNI, dan Polri, akan berjalan paralel dengan perhelatan pesta demokrasi Desember 2020 mendatang.

“Semua masih berjalan lancar, KPU menyampaikan lancar. Dari segi pengawasan juga masih normal, landai-landai saja. Tapi saya bisa yakini bagaimana pengalaman empat tahun sebelumnya, semuanya akan berjalan lancar, paralele dengan Covid,” tutupnya yakin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00