Abhan: Hilangkan Money Politics, Bersainglah dengan Sehat

KBRN, Pangkalpinang: Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) Abhan mengajak para peserta Pilkada serentak 2020 di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk berkompetisi dengan sehat.

Salah satu caranya adalah dengan tidak melakukan politik uang atau money politics.

"Hilangkanlah money politics, bersainglah dengan sehat dengan beradu program sehingga pemilihnya pun nantinya mempunyai integritas," kata Abhan, Sabtu (26/9/2020).

Sebagai lembaga penyelenggara yang bertugas mengawasi Pemilu, ditegaskan Abhan, pihaknya akan berlaku adil dan profesional dalam menjalankan tugas tersebut. Makanya dia meminta semua pihak untuk melapor jika menemui adanya politik curang.

"Jika ada pelanggaran mohon lapor kepada Bawaslu, sukses pilkada adalah tanggung jawab kita bersama, mari kita ciptakan pilkada yang sehat," ujarnya.

Menurut Abhan, tidak ringan menyelenggarakan pilkada di tengah pandemi Covid-19 saat ini, sehingga dibutuhkan kepatuhan semua pihak terhadap protokol kesehatan. Karena keselamatan rakyat harus diutamakan.

Abhan menjelaskan kondisi dan proses tahapan Pilkada 2020 yang sempat tertunda sudah tertuang di dalam undang-undang (UU) No 6 Tahun 2020 dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 6 tahun 2020.

Sebagai bagian dari penyelenggara Bawaslu harus melaksanakan pengawasan di tengah pandemi Covid-19 dengan berbagai syarat, salah satunya dengan Protokol kesehatan yang ketat. Agar dalam pelaksanaanya tidak menimbulkan klaster baru penyebaran Covid di lingkungan penyelenggara atau di Pilkada baik di Bawaslu maupun di KPU.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00