Pilkada Ponorogo Sugiri Nomor Satu, Ipong Dua

KBRN, Ponorogo: Rapat Pleno terbuka nomor urut pasangan calon dan launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo 2020 resmi digelar KPU Ponorogo, Kamis (24/9/2020) malam, bertempat di Gedung Sasana Praja Ponorogo.

Sehari sebelumnya KPU Ponorogo telah menetapkan dua pasangan calon yakni pasangan Sugiri Sancoko-Lisdyarita dan Ipong Muchlissoni-Bambang Tri Wahono yang akan berkontestasi pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo, dalam gelaran Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mendatang.  

Ketua KPU Ponorogo Munajat menyatakan proses pengundian nomor urut paslon telah sesuai dengan undang undang yang berlaku yakni pasal 70 ayat 1 Peraturan KPU no 9 tahun 2020.

Selanjutnya hasil pengundian nomor urut akan digunakan KPU dalam melakukan sosialisasi dan tahapan-tahapan berikutinya hingga penetapan pemenang. Munajat pun berharap proses demokrasi dapat berjalan dengan baik.

“KPU berharap  agar demokrasi pada pemilihan bupati dan wakil bupati Ponorogo tahun 2020 dapat terselenggara dengan baik. Seluruh pemangku kepentingan harus bersinergi menghadirkan pemilih yang berkualitas  serta menjunjung prinsip Luber dan Jurdil,” terang Munajat, Kamis (24/9/2020) malam.

Proses pengundian nomor dilakukan dalam dua tahap,  yakni pengundian siapa yang akan mengambil nomor urut terlebih dahulu, sedangkan tahap kedua adalah pengambilan nomor urut itu sendiri.

Untuk kesempatan pengundian tahap pertama diberikan kepada paslon yang pertama kali melakukan pendaftaran di KPU, yakni Sugiri-Lisdyarita. Dan Hasilnya Pasangan Sugiri Sancoko-Lisdyarita memperoleh nomor urut 1, dan paslon Ipong-Bambang mendapat nomor urut 2.

Menanggapi hasil undian paslon nomor urut 1 Sugiri Sancoko mengaku puas dan bersyukur dengan nomor yang diperoleh dan menurutnya angka satu merupakan angka yang Ideal dan simbol kesatuan

“Nomor urut satu ini sudah bentuk dan sebuah tanda-tanda. Bahwa Angka satu adalah angka yang paling ideal dan simbol kesatuan apapun itu. Sehingga saya bersyukur mudah-mudahan Ponorogo menjadi satu. Bersatu dan kami InsyaAllah dimenangkan oleh Allah SWT. Terimakasih,” kata Sugiri.

Sementara itu calon nomor urut 2 atau petahana Ipong Muchlissoni tak banyak berkomentar terkait nomor undian yang didapat sambil berharap tahapan demi tahapan pilkada dapat berlangsung dengan baik hingga pemilihan.

“Mudah-mudahan tahapan-tahapan berlangsung dengan lancar. Mohon maaf bila ada yang kurang berkenan dan salam dua periode,” kata Ipong.

Acara pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Ponorogo juga dihadiri pihak-pihak terkait termasuk Bawaslu Kapolres dan Dandim 0802 Ponorogo dan dilakukan secara ketat mengikuti protokol kesehatan yang dan dibatasi 50 orang saja.

Para kontetastan Pilkada pun melakukan deklarasi damai yang dibacakan oleh ketua KPU dan diikuti masing-masing pasangan calon .

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00