Ini Nomor Urut Cakada Kota Bukittinggi

KBRN, Bukittinggi: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi menggelar tahapan pengundian nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, di Auditorium Pustaka Bung Hatta, Kamis (24/9/2020).

Protokol kesehatan Covid-19 dijalankan maksimal, sehingga pelaksanaan tahapan ini, tidak ada kerumunan masa.

Pantauan di lapangan, sejumlah personil TNI Polri melakukan penjagaan ketat di setiap pintu masuk menuju kawasan Balaikota dan Auditorium Pustaka Bung Hatta.

Undangan yang masuk pun dibatasi sehingga tidak banyak yang bisa masuk ke lokasi pengundian nomor urut.

Ketua KPU Bukittinggi, Heldo Aura, menuturkan, pengundian nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, dilaksanakan sesuai Peraturan KPU (PKPU) RI nomor 5 tahun 2020, bahwa tanggal 24 September 2020 dilaksanakan tahapan pengundian nomor urut calon kepala daerah. Pelaksanaan tahapan ini pun memang sangat memperhatikan protokol kesehatan.

"Sesuai arahan pusat, pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 ini, memang harus melaksanakan protokol Covid-19. Sehinggs tidak ada kerumunan, khususnya dalam pengambilan nomor urut ini," terangnya.

Heldo Aura menambahkan, hasil dari pengundian nomor urut untuk Pilkada Bukittinggi 2020, pasangan calon wako-wawako, Ramlan Nurmatias-Syahrizal mendapatkan nomor urut 1, pasangan calon wako-wawako Erman Safar-Marfendi mendapatkan nomor urut 2, pasangan calon wako-wawako Irwandi-David Chalik mendapat nomor urut 3.

"Untuk itu, dipersilahkan kepada masing masing pasangan calon untuk menggunakan nomor urut itu dalam berkampanye yang tetap mematuhi protokol covid-19, mulai tanggal 26 September hingga 5 Desember 2020," tukasnya.

Nomor Urut 1 Ramlan Nurmatias-Syahrizal

Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias dan Syahrizal, mendapat nomor urut 1 pada pilkada 2020.

Calon Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, didampingi calon Wakil Wali Kota, Syahrizal, mengucapkan terima kasih kepada KPU atas tahapan pencabutan nomor urut yang dilaksanakan secara aman dan tertib. Meskipun melakukan pencabutan paling terakhir, namun paslon Ramlan-Syahrizal mendapat nomor satu.

“Alhamdulillah, yang lahir menunjukkan yang batin. Juara itu nomor satu. Angka ini menunjukkan sebuah langkah awal kita bekerja. Mari kita lakukan pencerdasan politik pada masyarakat, sehingga masyarakat dapat memahami ketiga pasangan calon yang ada saat ini,” tukasnya.

Nomor Urut Dua Erman Safar-Marfendi

Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar dan Marfendi, mendapat nomor urut 2 pada pilkada 2020.

Calon Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, didampingi calon Wakil Wali Kota, Marfendi, mengaku bersyukur atas nomor yang didapatkan, dan nomor urut dua, sesuai dengan sejarah tahun 2019 lalu. Bahwa Sumbar pernah memperjuangkan 80 persen kemenangan untuk pasangan Pilpres nomor urut dua.

“Tentu simbol dua ini sangat membekas bagi masyarakat. Harapan kita pejuang di 2019 hadir kembali dan kita menangkan dan kita ramaikan pada pilkada 2020 ini. Salam dua jari, pilih Erman dan Marfendi,” ujarnya.

Nomor Urut 3 Irwandi-David Chalik

Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, Irwandi dan David Chalik, mendapat nomor urut 3 pada pilkada 2020.

Calon Wali Kota Bukittinggi, Irwandi, didampingi calon Wakil Wali Kota, David Chalik, menyampaikan, nomor urut itu sebenarnya sama. Namun untuk nomor tiga, disinergikan dengan falsafah Minangkabau, Tigo Tungku Sajarangan.

“Bagi kami nomor tiga itu, punya makna Tigo Tungku Sajarangan, Tali Tigo Sapilin. Artinya, komponen masyarakat ada pada kami. Kita akan bergerak bersama. Kami bersama tim akan maksimalkan simpul ini. InsyaAllah kami maju untuk menang,” ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00