Pilkada Yalimo Dalam Tahap Coklik Data Pemilih

Ketua KPU Yalimo Prov. Papua, Yehemia Walianngen

KBRN, Wamena: Tahapan Pemilihan Kepala Daerah  (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Yalimo tahun 2020, saat ini dalam tahapan pencocokan dan penelitian (Coklik) daftar pemilih.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo Yehemia Walianggen menjelaskan, sejak 12 Juli 2020 petugas pemutahiran data pemilih (PPDP) yang dibentuk KPU Yalimo, telah melaksanakan Coklik di 5 Distrik yang ada di daerah itu.

"Sesuai jadwal dan tahapan yang ada, sejak 12 Juli hingga  13 Agustus 2020 PPDP yang kami bentuk beberapa waktu lalu sedang melaksanakan coklik di 5 distrik," kata Ketua KPU Yalimo, Yehemia Walianggen kepada RRI.co.id di Wamena, Rabu (12/8/2020).

Secara bertahap kata Yehemia, rekapitulasi data Coklik tersebut dilakukan dari tinggat PPS dan PPD, kemudian KPU Yalimo akan menerima hasil rekapitulasi  tersebut dari PPD pada 2 hingga 4 September 2020. 

"Jadi di setiap Distrik terdapat 3 Kampung yang menjadi sampel bagi KPU Yalimo untuk melakukan monitoring pelaksanaan coklik, itu sudah dilakukan dan semuanya terlaksana," jelasnya.

Menurutnya, seluruh tahapan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Yalimo yang dilaksanakan KPU Yalimo, berjalan sesuai PKPU nomor 5 tahun 2020 tentang Tahapan,Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020.

"Setelah bertahap pemutahiran data Coklik oleh PPDP ke PPS, selanjutnya di tingkat PPD pada 30 Agustus hingga 1 September kemudian hasil rekapitulasi di tingkat PPD diserahkan ke KPU Yalimo pada  2 hingga 4 September 2020 jadi semua terjadwal," tuturnya.

"Intinya pemutahiran data itu ada 2 tahap, setelah rekapitulasi data Coklik dari PPD diterima selanjutnya  KPU Yalimo akan tetapkan menjadi daftar  pemilih sementara, kemudian direkap lagi di KPU Provinsi, hasil rekap di tingkat Provinsi itu akan disampaikan ke KPU Kabupaten dan kami diteruskan ke tingkat PPS," paparnya.

Yehemia menambahkan, tidak ada kendala berarti yang dihadapi sejauh ini, dalam melaksanakan tahapan Pemilukada Yalimo tahun 2020.

"Berkat dukungan dan kerjasama dari seluruh stake holder dan masyarakat, seluruh tahapan yang dilaksanakan KPU Yalimo berjalan dengan tertib dan lancar," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00