Bapaslon Perseorangan Ini Terpental, Kok Bisa Ya?

Baapslon Perseorangan ditolak pencalonan karena tidak cukup syarat dukungan. (foto :didin/rri)

KBRN, Dompu: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), menolak pencalonan Bakal Calon Perseorangan (Bapaslon) Mansur - Aris Ansyari ikut kontestasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompi, 2020.

Dalam pleno pengecekan syarat dukungan perbaikan pencalonan, Bapaslon ini tidak memenuhi syarat, karena kurang dalam pemenuhan syarat dukungan.

"Berdasarkan jumlah dukungan sesuai formulir model B.1-KWK perseorangan perbaikan, yang memenuhi syarat hanya 15.115 lembar dan tidak memenuhi syarat mencapai 2.168. Dengan demikian, KPU menolak syarat dukungan ," kata Ketua KPU Kabupaten Dompu, Arifudin, Rabu (29/7/2020).

Arifudin mengatakan, saat penyerahan syarat dukungan perbaikan, Bapaslon ini menyerahkan syarat dukungan sebanyak 17.283.

Rapat pleno yang digelar Selasa malam (28/7/2020) pukul 21.00 ini, tanpa dihadiri baik oleh Bapaslon sendiri maupun penghubung.

Pembacaan putusan ini, hanya dihadiri oleh Komisioner KPU dan disaksikan oleh Bawaslu Kabupaten Dompu.

Untuk salinan putusan bagi Bapaslon, KPU akan mengirimkan secara langsung ke Bapaslon menggunakan kurir KPU.

Sebelumnya, Bapaslon ini menyerahkan syarat dukungan mencapai 18.845. Jumlah ini, di atas syarat dukungan minimum yang ditentukan KPU yakni 10 persen dari DPT yakni 16.218. 

Saat dilakukan ferivikasi administrasi KPU hanya berhasil menyatakan syarat dukungan Bapaslon ini, mencapai 8.247.

Berkuranya syarat dukungan ini, selain sebagian pendukung menarik dukungannya, juga sebagian tidak masuk dalam Sistem Administrasi Kependudukan Dinas Dukcapil Dompu.

"Nah dari sisa itu, Bapaslon wajib memenuhi syarat dukungan dalam masa perbaikan sebanyak 2 kali lipat kekurangan," pungkas Arifudin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00