Ribuan Warga Lakukan PSU di Morowali Utara

KBRN, Morowali Utara: Pemungutan Suara  Ulang (PSU) Pilkada Kabupaten Morowali Utara, hari ini, Senin, (19/4/2021) digelar pada empat TPS, masing masing TPS Desa Peboa Kecamatan Petasi,  TPS Desa Menyo’e Kecamatan Mamosalato serta TPS Khusus di kawasan industri perusahaan PT Agro Nusa Abadi (PT Ana). Tercatat 1383 Daftar Pemilih tetap (DPT) yang terdata dalam PSU kali ini.

PSU digelar sebagai tindak lanjut Putusan MK terhadap sengketa hasil pilkada yang menemukan sejumlah pealnggaran adminitrasi serta upaya menghalang halangi warga pemilh datang ke TPS pada 9 Desember 2020 yang lalu.

“PSU dilaksanakan di empat TPS masing masing TPS 01 Desa Peboa, TPS 01 Desa Menyoe serta dua TPS masing masing Rayon 1 dan Rayon 2 di PT Ana. Total DPT yang ikut dalam PSU kali ini tercatat 1338 warga “. Ungkap Ketua KPU Morowali Utara, Yusri Ibrahim, Senin, (19/4/2021).

Pelaksanaan PSU tersebut dilakukan melalui supervisi KPU setempat dan KPU dan Bawaslu Sulawesi Tengah, KPU RI, Aparat Kepolisian, serta pemda Morowali Utara. PSU digelar sebagai tindak lanjut instruksi Mahkamah Kontitusi terkait sengketa Pilkada mendapat respon dari warga pemilih yang datang ke TPS.

“Saya mengharapkan siapapun yang terpilih nanti, entah itu nol satu ataupun nol dua dapat mendatangkan kesejahteraan bagi kita masyarakat. “ Kata Mahyudin, karyawan PT Ana usai mencoblos di TPS Rayon 2.

Direktur Eksekutif Wisdom Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah, DR Lukman menegaskan, agar penyelenggara PSU kali ini tidak ada lagi kecurangan yang mencederai demokrasi.

“Tentunya semua pihak harus tunduk kepada keputusan MK. Bagi penyelenggara, jangan ada lagi kecurangan. Tidak ada cela untuk mencederai demokrasi “. Tegas Lukman.

Pantauan RRI. CO. ID, Komisioner KPU RI Hasyim Ashari ikut meninjau pelaksanan PSU Morowali Utara bersama Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Dg.Palabbi, Penjabat Bupati Morowali Utara Yopie Imanuel Patiro, serta Kapolres Morowali Utara AKBP Bagus Setiawan.

650 personil, baik dari Polres, BKO brimob dan BKO shabara Polda Sulteng juga dibantu oleh TNI ikut mengamankan Pemungutan Suara Ulang tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00