Jokowi Lantik Gubernur-Wagub Sumbar, Kepri, dan Bengkulu

Presiden Jokowi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) untuk Provinsi Sumatra Barat (Sumbar, Kepulauan Riau (Kepri), dan juga Provinsi Bengkulu (Doc Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden) .jpg

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) untuk Provinsi Sumatra Barat (Sumbar, Kepulauan Riau (Kepri), dan juga Provinsi Bengkulu di Istana Negara, Kamis (25/02/21).

Ketiga pasangan tersebut dilantik berdasarkan Keputusan Presiden No 40B Tahun 2021 pengesahan dan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur. Ketiga pasangan yang dilantik yaitu :

Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy, Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad dan Wakil Gubernur Marlin Agustina, kemudian Gubernur Bengkulu H Rohidin Mersyah dan Wakil Gubernur H Rosjonsyah. 

Usai dilantik Presiden, Gubernur Sumbar mahyeldi mengatakan, bahwa dirinya bersama dengan pasangannya Audy Joinaldy akan mempersiapkan RPJM Provinsi Sumatera Barat tentunya dengan dibarengi penanganan pandemi COVID-19. 

"Insyaa Allah dalam waktu 100 hari sesuai dengan komitmen ketika kampanye, kami akan melakukan persiapan segera untuk RPJM Provinsi Sumatera Barat 2021-2024 dan kita juga akan prioritaskan pada penanganan COVID-19 dan kemudian selanjutnya penguatan ekonomi masyarakat sektor UMKM dan kemudahan mendapatkan modal usaha bagi UMKM di Sumatera Barat yang kurang lebih ada 590 ribu," ujar Mahyeldi saat memberi keterangan pers. 

Adapun Gubernur Riau Ansar Ahmad mengatakan, bahwa dirinya bersama dengan Marlin Agustina akan berupaya secepat mungkin memulihkan kondisi perekonomian di Kepulauan Riau. 

"Fokus prioritas pada 2 hal, pertama penanganan COVID, karena ini harus ditangani serius agar aktivitas ekonomi dan sosial berjalan baik. Kedua, kami juga fokus pada recovery ekonomi dimana Kepulauan Riau yang pernah mengukir menjadi motor pertumbuhan ekonomi di masa lalu dengan Batam menjadi lokomotif ekonomi, karena COVID saat ini, kita menuruni pertumbuhan ekonomi signifikan. Kami berupaya secepat mungkin untuk recovery ekonomi," jelas Ansar. 

Ketiga pasang gubernur dan wakil gubernur pun mendapat kesempatan untuk sesi foto bersama dengan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin di istana Negara usai pelantikan. Dalam pelantikan tersebut turut pula hadir Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, serta Seskab Pramono Anung. (Foto:BiroPersSetpres)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00