Dampak Gempa Bengkulu Belum Diketahui

Foto: Ilustrasi Gempa Bengkulu

KBRN, Jakarta: Provinsi Bengkulu diguncang Gempa dengan Magnitudo (M=) 4,9, Minggu (24/1/2021), pukul 20.03 WIB. BMKG menyatakan, gempa tidak berpotensi tsunami. 

Dari analisis BMKG, episenter terletak pada koordinat 4.52 Lintang Selatan (LS) dan 102.51 Bujur Timur (BT). 

Namun sampai saat ini belum diketahui dampak dari gempa tersebut.

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa di Bengkulu Selatan," terang Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang, BMKG Bengkulu, Litman kepada wartawan, Minggu (24/1/2021).

Baca Juga:Provinsi Bengkulu Diguncang Gempa Malam Ini

Gempa itu berlokasi di Laut, pada jarak 45 km Barat Daya, Kabupaten Bengkulu Selatan, pada kedalaman 20 Kilometer (Km).  

Ia juga mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi di Bengkulu Selatan merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Mentawai.  

"Gempa tidak berpotensi tsunami," kata Litman.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, lanjut Litman, gempa yang berpusat di Bengkulu Selatan, dirasakan di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan, Seluma dan Kota Bengkulu dengan Skala Intensitas II - III MMI. 

Bengkulu Lalu, di Kabupaten Kepahiang dengan Skala Intensitas II MMI, Di Liwa, Provinsi Lampung, dengan Skala Intensitas II MMI. Hingga pukul 20:25 WIB, sambung Litman, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00